Presiden Taiwan akan Bertemu Ketua DPR AS di California

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS) dari Partai Republik Kevin McCarthy mengatakan bahwa dia akan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Pertemuan akan dilakukan di California pada Rabu 5 April 2023.

Langkah pertemuan ini menurut Tiongkok akan menjadi provokasi.

“Pada hari Rabu, 5 April, Ketua Kevin McCarthy akan menjadi tuan rumah pertemuan bipartisan dengan Presiden Taiwan di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan,” demikian pengumuman kantornya dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Selasa 4 April 2023.

Sementara Tiongkok telah memperingatkan Amerika Serikat bahwa mereka ‘bermain api’ selama perjalanan Tsai, yang berada di New York pada apa yang secara resmi menjadi persinggahan transit dalam perjalanannya ke Amerika Latin.

Dia akan singgah di California dalam perjalanan kembali ke Taiwan dan bertemu McCarthy, kata pernyataannya, sementara media AS melaporkan bahwa sekitar 20 anggota parlemen AS berencana untuk menemani pembicara.

Tiongkok pada Agustus melakukan latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan, sebuah negara demokrasi pemerintahan sendiri yang diklaimnya sebagai bagian dari wilayahnya menunggu reunifikasi.

McCarthy, tokoh Partai Republik teratas di Kongres, sebelumnya berjanji untuk mengikuti mantan Ketua DPR AS dari Partai Demokrat, Nancy Pelosi yang sempat melakukan perjalanan ke Taiwan.

Pertemuan di negara bagian asalnya di California dipandang sebagai jalan tengah yang akan menghindari ketegangan yang membara dengan Tiongkok.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Sindonews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *