Tembus Perempat Final Asian Games 2022, Timnas Basket Putri Indonesia Penuhi Target Awal

Timnas bola basket putri Indonesia lolos ke perempat final Asian Games 2022 Hangzhou, China, setelah mengalahkan Mongolia.

Indonesia menang 69-64 atas Mongolia pada laga terakhir fase Grup A bola basket Asian Games 2022 di Shaoxing Olympic Sports Centre Gymnasium, Minggu (1/10/2023).

Kemenangan atas Mongolia membuat Indonesia menempati peringkat ketiga terbaik pada akhir klasemen dengan koleksi 4 poin.

Keberhasilan melaju ke perempat final Asian Games 2022 sekaligus membuat timnas basket putri Indonesia memenuhi target.

Penanggung jawab timnas bola basket putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja, bersyukur target itu tercapai bertepatan pada Hari Kesaktian Pancasila.

“Bagi Indonesia, lolos ke 8 besar Asian Games pada Hari Kesaktian Pancasila sesuatu banget,” kata Christopher dalam keterangan Perbasi.

Timnas basket putri Indonesia selanjutnya akan melawan Jepang pada perempat final Asian Games 2022, Senin (2/10/2023) pukul 18.10 WIB.

“Saya memang berharap kami bisa bertemu Jepang dan China pada event ini. Kesempatan jarang untuk kami belajar dari dua tim terbaik di Asia,” ujarnya.

“Toh kami juga sudah masuk target awal delapan besar. Dengan 8 besar ini, basket putri Indonesia tetap layak masuk ke Asian Games selanjutnya,” ucap dia.

Terkait laga melawan Mongolia, Christopher mengatakan bahwa timnas basket Indonesia sejatinya bermain dengan penuh tekanan.

“Kami main dengan tekanan terlalu berat ke diri sendiri, hanya beberapa pemain yang memang siap main untuk menang dari awal,” katanya. “Sisanya main dengan beban dan baru bisa main lepas di kuarter 4 sisa 4 menit lebih,” tutur Christopher melanjutkan.

Beruntung, Indonesia punya Kimberley Pierre Louis. Pemain naturalisasi asal Kanada ini menjadi mesin poin Indonesia saat melawan Mongolia.

Dia mencetak 44 poin dan 1 rebound di pertandingan penentuan ini. Ia disusul Jesslyn Angelique Aritonang dengan sumbangan 11 poin dan 1 rebound. “Kimberley main dengan hati yang sangat besar bagi Indonesia.

Saya harap para pemain yang asli lahir di Indonesia juga bisa punya semangat sebesar dia,” ucap dia “Bukan terus membebani diri sendiri dengan ketakutan-ketakutan yang berlebihan,” ujar Christopher.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *