ASEAN Newsroom Dibuka, Diharapkan Jadi Wadah Persatuan Jurnalis Asia Tenggara

Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia menyediakan ruang pemberitaan atau Newsroom yang diharapkan dapat mewujudkan visi media. Hal ini bertujuan untuk memfokuskan nilai-nilai masyarakat yang sebelumnya mengedepankan state-centered.

Salah satu upaya untuk mendorong nilai people-centered tersebut adalah dalam bentuk ASEAN Newsroom. Hal ini menjadi langkah yang digagas dalam Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 melalui Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) Antara, memperkuat sinergi antarkantor berita negara di kawasan sekaligus memperluas cakupan pemberitaan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat meresmikan secara simbolis ASEAN Newsroom Corner di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin, 4 September 2023.

“Langkah ini akan meningkatkan kepedulian sekaligus partisipasi masyarakat luas dalam berbagai agenda ASEAN. Keberadaan nilai people-centered juga diharapkan dapat memupuk kebersamaan antarmasyarakat kawasan Asia Tenggara,” ujar Menkominfo, dikutip dari rilis Kominfo.

Melalui ASEAN Newsroom Corner yang lokasinya berada di Media Center KTT ke-43 Jakarta ini, kerja sama antarkantor berita di berbagai negara anggota ASEAN dalam bertukar informasi maupun saling mengamplifikasi berita, menjadi lebih mudah.

Menteri Budi Arie menuturkan, selain sebagai wadah kerja sama, keberadaannya juga akan menyebarluaskan beragam program, kinerja, dan capaian kawasan Asia Tenggara melalui pemberitaan yang aktual, faktual, dan terpercaya.

Bank Data ASEAN
ASEAN Newsroom ini tidak hanya beroperasi secara sementara atau ad-hoc pada KTT ke-43 ASEAN saja, namun akan terus bekerja dalam memberitakan informasi-informasi seputar kawasan setelah perhelatan KTT ke-43.

Nantinya, ASEAN Newsroom Corner yang berlokasi di Gedung LKBN Antara ini, akan menjadi meeting point jurnalis kantor berita di Kawasan Asia Tenggara yang berada di Jakarta.

Keberadaan ASEAN Newsroom diharapkan menjadi titik awal penguatan kembali tidak hanya hubungan antar Kantor Berita di kawasan ASEAN, namun juga berbagai media dari negara anggota ASEAN, yang diharapkan akan meningkatkan keakuratan, objektivitas, serta kesadaran regional dalam memberitakan berbagai peristiwa penting di kawasan ASEAN.

Penguatan hubungan itu secara tidak langsung dapat membantu mendidik dan memperluas wawasan masyarakat ASEAN. Dalam jangka panjang, ASEAN Newsroom memiliki potensi menjadi bank data ASEAN yang juga dapat dimanfaatkan berbagai pihak dari luar regional ASEAN.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Antara Foto

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *