Berganti Kepemimpinan, Ini Dia Wajah Baru di ASEAN

Ada dua wajah baru yang hadir dalam pertemuan ASEAN kali ini, tepatnya dalam ASEAN Ministerial Meeting (AMM) di Jakarta, Senin, 4 September 2023. Keduanya adalah Permanent Secretary for Foreign Affairs of Thailand Sarun Charoensuwan dan Menteri Luar Negeri Kamboja Sok Chenda Sophea.

Sok Chenda Sophea menjadi menlu setelah Hun Manet dilantik sebagai perdana menteri baru Kamboja.

Kedatangan Sok Chenda Sophea diterima hangat oleh para Menlu ASEAN dalam pertemuan AMM 2023 di Sekretariat ASEAN.

“Selamat datang secara khusus kepada Menteri Luar Negeri Chensa Sophea dari Kamboja,” kata Menlu RI Retno Marsudi dalam pembukaan AMM. “Saya berharap dapat bekerja sama secara erat dengan Anda,” lanjut dia.

Sementara itu, Sarun Charoensuwan hadir untuk menggantikan menteri luar negeri baru di Thailand. Pasalnya, posisi menlu Thailand baru akan dilantik Selasa besok.

Laman The National Thailand melaporkan, kabinet baru dijadwalkan dilantik Selasa besok pada pukul 17.00 waktu setempat dengan dihadiri Yang Mulia Raja Maha Vajiralongkorn. Hal tersebut disampaikan langsung Perdana Menteri baru Thailand Srettha Thavisin pada Sabtu lalu.

PM Thavisin diperkirakan akan menyampaikan kebijakan pemerintahnya di hadapan parlemen selama dua hari, antara tanggal 8 hingga 9 September atau 11-12 September mendatang.

Sementara itu, kursi Myanmar dalam AMM 2023 masih kosong. Tidak ada perwakilan yang dikirimkan dalam pertemuan tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Republika

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *