Wapres AS Kamala Harris Bakal Hadiri KTT ASEAN 4-7 September di Jakarta

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN pada 4-7 September 2023 di Jakarta.

Tahun ini Indonesia memegang keketuaan ASEAN dan mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Dalam pertemuan dengan para pemimpin negara kawasan Asia Tenggara itu, Harris akan menegaskan hubungan serta komitmen kerja sama antara AS dan ASEAN, sekaligus mendukung peran sentralitasnya di kawasan.

“Wakil Presiden dan para pemimpin ASEAN akan meninjau perluasan hubungan AS-ASEAN yang belum pernah terjadi sebelumnya di bawah pemerintahan Biden-Harris dan akan menegaskan kembali komitmen abadi Amerika Serikat terhadap Asia Tenggara dan sentralitas ASEAN,” dikutip dari pernyataan situs resmi Gedung Putih, Kamis (24/8/2023).

Kehadiran Harris dalam forum tersebut juga turut memajukan inisiatif Amerika Serikat untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan bersama, termasuk dengan menangani krisis iklim, keamanan maritim, infrastruktur, pertumbuhan ekonomi. Selain itu, ia juga akan berupaya menegakkan dan memperkuat aturan dan norma internasional serta menangani tantangan regional dan global lainnya.

Sementara Harris yang dijadwalkan hadir dalam KTT ASEAN di Jakarta, Presiden AS Joe Biden akan menghadiri KTT G20 pada 7-11 September 2023 di New Delhi, India.

Bersama dengan mitra negara anggota G20, Biden akan membahas upaya mengatasi masalah global, termasuk transisi energi ramah lingkungan, memerangi perubahan iklim, memitigasi dampak ekonomi hingga perang antara Rusia dan Ukraina.

Persiapan KTT ke-43 ASEAN: Semuanya on the Right Track

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa persiapan KTT ke-43 ASEAN, yang akan digelar di Jakarta, 5-7 September 2023, masih terus dilakukan dan berada “on the right track”.

“Semuanya sudah direncanakan, sudah disiapkan dan kita harapkan nanti pada saat KTT ASEAN semuanya sudah 100 persen siap di September,” kata Jokowi kepada media usai menghadiri 56th ASEAN Day di Jakarta,” Selasa (8/8/2023).

Lebih lanjut, Retno menjelaskan bahwa pemerintah juga terus melakukan negosiasi dokumen akhir yang akan digunakan dalam pertemuan tersebut.

Berbeda dengan KTT ke-42 di Labuan Bajo pada 6-11 Mei lalu, KTT bulan depan tidak hanya dihadiri oleh para pemimpin negara anggota organisasi regional tersebut tetapi juga para kepala negara atau pemerintahan negara mitra ASEAN termasuk Amerika Serikat, China, Rusia hingga Uni Eropa.

Secara total, KTT ke-43 ASEAN akan dihadiri 26 negara dan organisasi internasional.

 

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Beautynesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *