Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 4,8

Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang Pangandaran pukul 08.56 WIB. Gempa tersebut berada di dikedalaman 25 kilometer pada jarak 64 Kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.23 Lintang Selatan dan 108.25 Bujur Timur.

Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengatakan hingga pukul 09.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada seluruh masyarakat, Hendro menghimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

“Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas gempabumi di intraslab Lempeng Eurasia,” kata Hendro dalam keterangan resminya, Bandung, Kamis, 31 Oktober 2019.

Dirasakan Hingga Tasikmalaya

Hendro menjelaskan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cilacap dengan skala intensitas II MMI, Ciamis, Tasikmalaya, Banjar dengan skala I-II MMI serta Pangandaran dengan Skala Intensitas II – III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut

Hendro meminta kepada masyarakat, untuk memastikan informasi resmi soal gempa bumi dengan skala magnitudo kurang dari lima hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website (http://balai2.bmkg.go.id/).

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Nasional Tempo.co

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *