Hawaii Darurat Kebakaran Hutan, Rumah WNI Ikut Terbakar

Rumah seorang warga negara Indonesia (WNI) di Hawaii ikut terlalap api di tengah kebakaran hutan yang masih terus berkobar hingga pemerintah setempat mendeklarasikan status darurat.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, mengonfirmasi kabar itu pada Selasa (15/8).

“Tidak ada informasi mengenai adanya WNI yang menjadi korban meninggal. Namun, rumah seorang WNI (menikah dengan WN AS) ikut terbakar,” ujar Judha.

Judha memastikan Konsulat Jenderal RI LosAngeles sudah berkomunikasi dengan WNI tersebut.

“KJRI LA berhasil berkomunikasi dengan yang bersangkutan dan saat ini telah diungsikan ke lokasi aman di War Memorial Stadium Complex di Kota Wailuku, Hawaii,” tutur Judha.

Berdasarkan catatan KJRI LA, saat ini terdapat sekitar 600 WNI yang menetap di Hawaii, sekitar 20 di antaranya tinggal di Maui.

KJRI sudah menyampaikan imbauan kepada WNI di Hawaii untuk meningkatkan kewaspadaan dan memonitor informasi serta arahan dari otoritas lokal.

“Segera menghubungi hotline KJRI LA jika mengalami situasi darurat,” kata Judha.

Saat ini, Hawaii sendiri masih berjibaku menangani dampak kebakaran. Mereka sampai-sampai mendeklarasikan status darurat.

Sejak api berkobar pada Selasa pekan lalu, petugas setempat baru dapat memadamkan sekitar 85 persen api.

Pihak berwenang masih melakukan operasi pencarian dan penyelamatan korban. Mereka menyatakan proses ini bakal sulit mengingat area pencarian masih sangat panas.

Sementara itu, korban terus berjatuhan. Merujuk pada data teranyar, setidaknya 99 orang tewas akibat kebakaran ini.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Wahana news

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *