Penerbangan Dibatalkan dan 240 Ribu Orang Diminta Mengungsi

Topan Lan mendarat di Jepang pada Selasa 15 Agustus 2023 pagi waktu setempat. Kedatangannya telah mengakibatkan sejumlah masalah.

Mengutip laporan The Straits Times, Selasa (15/8/2023), hampir 900 penerbangan dibatalkan di Jepang dan 240.000 orang diperintahkan untuk mengungsi karena topan yang bergerak lambat mendarat di Jepang barat pada Selasa pagi, memutus aliran listrik ke puluhan ribu rumah.

Topan Lan, yang mendekat dari Samudra Pasifik, mendarat di ujung selatan Prefektur Wakayama, sekitar 400 km barat daya Tokyo, menerjang sebagian besar Jepang tengah dan barat dengan hujan lebat dan angin kencang.

Pihak berwenang mengeluarkan peringatan banjir dan tanah longsor. Selain itu beberapa tornado juga dilaporkan terbentuk.

Pihak berwenang mengatakan mereka telah mendirikan pusat evakuasi di gedung-gedung yang aman dan dataran tinggi bagi penduduk di 11 prefektur yang diminta oleh Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Jepang untuk mencari perlindungan.

Selain gangguan penerbangan, hujan dan angin yang berbahaya memaksa penutupan beberapa jalan dan penangguhan puluhan layanan kereta api.

Topan ini datang beberapa hari setelah Topan Khanun melanda Jepang selama puncak musim liburan Obon, ketika banyak pabrik tutup dan penduduk kota kembali ke kota dan desa asal mereka.

Selama 24 jam ke depan, wilayah Tokai tengah – markas Toyota Motor – diperkirakan akan mendapatkan curah hujan sekitar 350 mm, hampir tiga kali curah hujan rata-rata bulan Agustus.

Tayangan televisi menunjukkan aliran sungai yang deras dan meluap. Rumah dan bisnis mengalami kerusakan air di Kota Nara dan media melaporkan beberapa orang terlempar oleh angin dan terluka.

Sementara itu, pemadaman listrik melanda hampir 90.000 rumah tangga di Jepang tengah dan barat, menurut utilitas regional. Seven & i Holdings mengatakan sekitar 210 gerai toko swalayan 7-Eleven ditutup untuk memastikan keamanan.

Topan Lan memiliki kecepatan angin 150 km per jam dan bergerak ke barat laut melintasi bagian barat pulau utama Honshu dengan kecepatan sekitar 15 km per jam. Diperkirakan mencapai Laut Jepang pada Rabu 16 Agustus pagi dan bergerak ke utara, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Topan Lan Mendarat di Jepang Barat Picu Kekacauan Perjalanan Liburan

Topan Lan yang bergerak lambat membuat pendaratan di Semenanjung Kii di Jepang barat pada hari Selasa, membawa hujan deras, mengganggu layanan udara, jalan dan kereta api dan menyebabkan malapetaka bagi pelancong domestik dan internasional selama liburan musim panas.

Laporan Kyodo News menyebut, sekitar 650 orang terpaksa bermalam di Bandara Kansai, yang terletak di pulau buatan di Teluk Osaka, setelah akses kereta api dan jalan terputus akibat topan. Banyak orang harus tidur di lobi bandara, dan operator fasilitas membagikan kantong tidur dan air kepada mereka yang terdampar di sana.

Seorang wanita berusia 65 tahun yang tampak lelah dari Taiwan berkata, “Saya tidak mengharapkan hal seperti ini.”

Seorang mahasiswa berusia 22 tahun dari Okinawa, yang mengatakan dia menyerah pada harapannya untuk jalan-jalan di Kyoto, mengeluh bahwa semalam di bandara dingin karena cuaca dan AC.

Stasiun shinkansen besar seperti Stasiun JR Shin-Osaka, yang biasanya dipadati wisatawan selama liburan tahunan musim panas Bon (Obon), sebagian besar sepi.

Potensi Hujan Lebat dan Pembatalan Layanan Transportasi Massal

Topan Lan menerjang beberapa wilayah Jepang barat dengan hujan lebat, dengan curah hujan 304,0 milimeter selama periode 6 jam di Nachikatsuura, Prefektur Wakayama, dan 190 mm di Ayabe, Prefektur Kyoto.

Badan cuaca Jepang terus memperingatkan hujan deras di Jepang timur, tengah dan barat dan mendesak warga untuk tetap waspada terhadap kemungkinan banjir berbahaya, tanah longsor dan angin kencang.

Central Japan Railway Co. dan West Japan Railway Co. memutuskan untuk membatalkan semua layanan kereta peluru antara stasiun Nagoya dan Shin-Osaka dan antara stasiun Shin-Osaka dan Okayama sepanjang hari Selasa.

Selain itu, Topan Lan juga Operator jalan tol telah menutup sebagian jaringan di daerah yang kemungkinan terkena dampak topan, sementara Japan Airlines Co. dan All Nippon Airways Co. membatalkan lebih dari 560 penerbangan yang sebagian besar berangkat dan tiba di Jepang barat, yang memengaruhi lebih dari 50.000 penumpang.

Universal Tokyo Juga Ditutup

Taman hiburan populer Universal Studios Jepang di Osaka ditutup pada hari Selasa.

Empat pertandingan kejuaraan baseball sekolah menengah musim panas di Stadion Koshien di Prefektur Hyogo dekat Osaka juga dibatalkan, dijadwal ulang menjadi Rabu pekan depan.

Topan Lan, yang mendarat hari Selasa sesaat sebelum pukul 05.00, bergerak ke arah barat laut dekat kota Wakayama pada pukul 10.00, kata Badan Meteorologi Jepang.

Topan Lan memiliki tekanan atmosfer 985 hectopascal dengan kecepatan angin hingga 144 kilometer per jam.

 

 

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *