Gelar Aksi Hari Ini, Massa Partai Buruh Mulai Kumpul di Patung Kuda

Massa dari Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) telah berkumpul di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, tepatnya di seberang Patung Kuda.

Pada Rabu (9/8) ini, mereka akan menggelar demonstrasi di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Ada sejumlah tuntutan yang akan mereka suarakan. Di antaranya mendesak pemerintah mencabut UU Cipta Kerja dan menuntut kenaikan upah sebesar 15 persen.

Pantauan CNNIndonesia.com, massa yang berkumpul sekitar 400-500 orang. Mereka mengenakan pakaian biru dan oranye serta membawa sejumlah atribut seperti poster dan bendera

Dari atas mobil komando, seseorang dari massa buruh mengklaim akan ada 4 hingga 5 mobil yang akan tiba di lokasi untuk mengikuti kegiatan itu. Ia juga meminta semua peserta demonstrasi berkumpul di satu titik.

“Nanti akan ada 4-5 mobil lagi yang akan datang. Silakan semua peserta berkumpul di satu titik ke depan dan rapatkan barisannya,” kata dia.

Pada saat yang sama, sekitar 20 polisi berbaris mengawal demonstran. Sedangkan yang lainnya tampak santai dan duduk di atas terpal di depan kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI atau Jalan Medan Merdeka Barat.

Saat ini, jalan menuju Gedung MK dari patung kuda tersebut sudah disterilisasi dari kendaraan. Polisi juga telah memasang kawat berduri dan menutup jalan dengan beton agar massa aksi tak bisa masuk.

Demonstrasi ini diklaim akan dihadiri puluhan ribu buruh dari berbagai daerah yakni Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Massa buruh yang telah melakukan long march dari Bandung juga disebut akan bergabung.

Ketum Partai Buruh Said Iqbal pun menyatakan aksi ini akan turut digelar oleh massa Partai Buruh di seluruh provinsi Indonesia. Jika tuntutan tak dipenuhi, Said mengancam akan melakukan mogok nasional yang diikuti oleh jutaan buruh.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *