Topan Khanun Tewaskan 1 Orang di Jepang, Sepertiga Okinawa Kehilangan Listrik

Angin kencang menghantam sejumlah kabel listrik di Okinawa, Jepang, mengakibatkan putusnya aliran listrik untuk lebih dari 200.000 rumah warga pada Rabu pagi, 2 Agustus 2023.

Peristiwa terjadi di saat Topan Khanun yang membawa ancaman hujan deras dan angin kencang bergerak lambat menuju barat daya Jepang.

Dilansir dari Malay Mail, Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyarankan ratusan ribu warga di Okinawa, kawasan wisata populer sekitar 1.600 km barat daya Tokyo, untuk mengungsi di tengah ancaman Topan Khanun.

Perusahaan listrik Okinawa Electric Power memaparkan dalam situsnya bahwa 218.260 rumah tangga atau 34 persen dari semua rumah di prefektur tersebut mengalami pemadaman listrik pada pukul 09.00 waktu setempat.

Sejauh ini telah dilaporkan satu kematian dan 11 orang terluka. Korban tewas adalah seorang pria yang tertimpa material bangunan dan mengalami serangan jantung, menurut Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Jepang.

Sementara itu di ibu kota Okinawa, Naha, seluruh aktivitas di bandara berhenti total. Sebanyak 951 penerbangan telah dibatalkan di sana pada Selasa dan Rabu ini, dan merugikan setidaknya 65.000 penumpang, menurut kantor berita publik NHK.

Operator seluler SoftBank Corp dan KDDI mengatakan koneksi telepon dan internet di beberapa daerah di Okinawa terganggu akibat pemadaman listrik.

Kantor pemerintah prefektur Okinawa, supermarket lokal San-A Co dan toko kelontong dan obat Aeon Co di Okinawa ditutup pada hari Rabu.

Badai melanda selama puncak musim turis musim panas, yang tahun ini telah melihat jumlah pengunjung kembali ke tingkat pra-pandemi. Okinawa sering dilanda topan, tetapi biasanya di akhir tahun.

Okinawa adalah tuan rumah bagi sebagian besar pasukan AS di Jepang, dan personel di Pangkalan Udara Kadena — salah satu instalasi terbesar — telah didesak untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan.

JMA memperkirakan topan bergerak ke barat melalui Laut China Timur menuju provinsi Zhejiang China dan utara Taiwan pada hari Jumat, tetapi kemudian berbelok ke timur laut, berpotensi mempengaruhi pulau Kyushu Jepang.

Topan Khanun datang hanya beberapa hari setelah wilayah itu dilanda topan Doksuri, yang menghantam China utara dalam salah satu badai terburuk dalam lebih dari satu dekade dan merusak produksi beras di Filipina.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *