Apresiasi untuk Raihan 2 Emas Nandhira Mauriskha di China

Atlet Taolu Putri Indonesia, Nandhira Mauriskha, meraih dua medali emas pada ajang The FISU World University Games 2021 yang digelar pada 2023.

Dilansir dari Kemenpora, Medali emas pertama Nandhira didapat dari nomor changquan yang dipertandingkan di Chengbei Gymnasium Chengdu, China, Sabtu (29/7/2023).

Adik ipar mantan juara dunia Lindswell Kwok itu menjadi yang terbaik dengan perolehan angka sebesar 9.600 poin.

Atlet yang dipanggil Rara itu lalu meraih medali emas kedua pada Minggu (30/7/2023) di nomor jianshu dengan poin tertinggi 9.660.

Sementara itu, medali perak direbut Weng-ian Wong (Macau) dengan 9.656 poin dan Moka Furukawa (Jepang) mendapatkan perunggu usai mendapat 9.626 poin.

Adapun atlet taolu putra Indonesia, Edgar Xavier Marvelo kembali merebut medali perak saat turun di nomor jianshu dengan 9.703 poin.

Medali emas direbut atlet tuan rumah China, Zhedian Jin, dengan raihan 9.716 poin dan perunggu menjadi milik Qi Yue Ang (Malaysia) dengan 9. 660 poin.

Timnas wushu Indonesia menjadi cabang olahraga (cabor) pertama yang menghasilkan medali emas bagi Kontingen Garuda Muda pada The FISU World University Games 2021.

Bahkan, keberhasilan Rara menjadi juara sekaligus mengakhiri puasa medali emas Indonesia selama 12 tahun.

Indonesia terakhir kali meraih emas pada The FISU World University Games 2011 di Shenzen, China dengan koleksi tiga medali emas dari cabor angkat besi dan bulu tangkis.

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto, mengapresiasi keberhasilan Nandhira Mauriskha dan Edgar Xavier Marvelo.

“PB WI apresiasi kesuksesan Rara menyumbangkan 2 medali emas. Begitu juga Edgar yang menyumbang 2 perak. Ini prestasi luar biasa,” kata Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto.

“Saya berharap Rara bisa mempertahankan prestasinya saat tampil di Asian Games 2023 Hangzhou nanti. Begitu juga Edgar bisa meningkatkannya,” ujar Airlangga dalam keterangan PB WI.

“Saya juga berharap atlet lainnya bisa meraih prestasi maksimal,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Menko Bidang Perekonomian ini.

Head of Department Kontingen Indonesia Del Asri juga memberikan apresiasi kepada timnas wushu Indonesia atas prestasinya.

“Luar biasa prestasi atlet wushu Indonesia yang telah menjadi cabor pertama dengan menyumbangkan 2 medali emas dan 2 perak. Kesuksesan Rara merebut 2 emas itu mengulang sejarah 12 tahun lalu,” kata Del Asri.

“Terakhir, di The FISU World University Games 2011 Shenzen, China, Indonesia hanya meraih 3 emas melalui lifter angkat besi yakni Eko Yuli Irawan (62kg putra), Deni (69kg putra), dan beregu campuran bulu tangkis,” ucapnya.

“Mudah-mudahan kita bisa mengulang atau melampaui hasil 12 tahun lalu dengan menambah perolehan medali emas baik dari cabor wushu maupun cabor lainnya,” kata Del Asri.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *