King Kazu Menolak Pensiun, Perpanjang Kontrak Saat Usia 56 Tahun

Kazuyoshi Miura menolak gantung sepatu meski sudah sangat veteran di pentas sepak bola.

Pemain berusia 56 tahun tersebut justru memperbarui kontrak dengan klub kasta kedua Liga Portugal, Oliveirense.

Keputusan sosok dengan sapaan King Kazu ini semakin menguatkan statusnya sebagai pesepak bola profesional tertua di dunia. Meski sudah lebih dari setengah abad, dia tetap bugar untuk merumput.

King Kazu memperbarui kontrak dengan Oliveirense pada Rabu (12/7/2023) dini hari WIB. Tak ada perincian soal kontrak baru sosok asal Jepang tersebut, tetapi dia ditengarai bakal tetap bermain hingga tahun depan.

“Miura Kazu akan terus berlanjut di UD Oliveirense,” demikian pernyataan klub Portugal tersebut melalui Twitter klub.

Miura bergabung dengan Oliveirense pada bursa transfer Januari 2023. Dia datang dengan status pinjaman dari tim promosi Jepang J1 League, Yokohama FC.

Bukan tanpa alasan King Kazu pindah ke Portugal. Onodera Group selaku pemilik Yokohama menjadi pemegang saham mayoritas klub divisi dua Portugal itu sejak November tahun lalu.

King Kazu memulai karier profesional pada 1990. Selama lebih dari tiga dekade bermain, King Kazu terlibat dalam 786 pertandingan lintas kompetisi bersama sejumlah klub yang pernah dibela dengan raihan 218 gol.

Di pentas internasional, King Kazu menorehkan 89 caps bersama timnas Jepang. Dia memperkuat Samurai Biru, julukan timnas Jepang, dari 1990 hingga 2000 dengan kontribusi 55 gol.

Tak cuma sepak bola. Miura juga pernah mewakili Jepang dalam pertandingan futsal tahun 2012 pada Piala Dunia Futsal 2012 kala dirinya berusia 45 tahun.

Pembaruan kontrak ini membuat King Kazu semakin dekat dengan impiannya untuk bermain hingga 60 tahun. Dia harus bisa menjaga performa dan kondisi fisik untuk empat tahun ke depan.

King Kazu melakukan debut bersama Oliveirense pada 22 April 2023 saat timnya menang 4-1 atas Academico de Viseu dalam pertandingan Liga 2 Portugal.

Total, King Kazu hanya tampil dalam tiga pertandingan dengan waktu bermain 26 menit bersama Oliveirense pada musim 2022-23.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Bola Kompas

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *