Jokowi di Papua, Resmikan Bandara Ewer Kabupaten Asmat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal Bandara Ewer, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (6/7/2023). Sehingga bisa memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat.

Dalam peresmian itu Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

“Hari ini siap dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat di Kabupaten Asmat,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Menurutnya Bandara ini penting konektivitas antar kabupaten, provinsi, maupun pulau supaya bisa mempercepat mobilitas orang dan barang. Hingga membuka isolasi dan mempercepat logistik.

“Karena akan mempercepat mobilitas orang dan mobilitas barang. dan akan membuka isolasi akan mempercepat kiriman-kiriman logistik,” kata Jokowi

Setidaknya nanti ada dua kali penerbangan dari Timika, empat kali penerbangan dari Kamur, dan empat kali penerbangan dari Merauke, menuju Asmat. Selain itu Menurut Jokowi ini juga akan meningkatkan pariwisata di Asmat hingga perekonomian kawasan.

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Bandara Ewer, Asmat, 6 Juli 2023. (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)Foto: Presiden Jokowi Resmikan Terminal Bandara Ewer, Asmat, 6 Juli 2023. (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bandara ini cukup memadai untuk didarati pesawat ATR. Selain itu sebelumnya penumpang pesawat di Bandara Ewer relatif ada setiap hari, baik yang mau pergi ke Timika maupun ke Merauke.

“Kami berdiskusi dengan gubernur dan pak Bupati bahwa ini membantu masyarakat dan kita memang ada beberapa masukan yg harus kita lakukan insyaallah akan kita lakukan,” kata Budi Karya.

Diketahui pertama dibangun oleh Pemerintah Daerah kabupaten Asmat, kemudian dikembangkan Pemerintah Pusat.

Pada tahun 2014-2018 pengembangan bandara Ewer mulai dilakukan dengan perpanjangan runway oleh Pemda Asmat menjadi 1.650 m. Kemudian, juga dilakukan rekonstruksi runway tikar baja, konstruksi apron, dan pembangunan gedung terminal.

Selanjutnya pada tahun 2019 bandara terus dikembangkan sehingga akses lebih mudah dan fasilitas lebih lengkap. Lalu, pada tahun 2023, dilakukan penyempurnaan gedung terminal dengan arsitektur minimalis bernuansa budaya Asmat. Tak hanya ornamennya saja yang bernuansa Asmat, namun secara fungsi menyesuaikan dengan budaya masyarakat serta kondisi cuaca dan karakteristik lingkungan Asmat.

Pengembangan bandara Ewer masih terus dilakukan, diantaranya pembangunan drainase dan tanggul penahan banjir.

Bandara Ewer memiliki panjang runway 1650 m x 30 m yang dapat dilalui pesawat ATR 72-600 untuk penumpang maupun kargo, apron seluas 70 m x 90 m dan taxiway 86 m x 15 m, dan memiliki terminal bandara seluas 488 m² atau lebih luas dari terminal lama seluas 120 m².

Saat ini melayani tiga rute penerbangan, diantaranya Kamur-Ewer PP, Timika-Ewer PP, dan Merauke-Ewer PP, yang dilayani 3 (tiga) maskapai yaitu Wings Air, Trigana Air dan Smart Aviation. Tercatat, tren penumpang juga terus meningkat, dari 12.185 penumpang pada 2020, naik menjadi 21.603 penumpang pada 2021 dan 27.772 penumpang pada 2022.

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *