Jelang Idul Adha, Pemprov DKI Pastikan Hewan Kurban Masuk Jakarta Dilengkapi Surat Sehat

Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan hewan kurban yang masuk ke Ibu Kota bakal dilengkapi surat keterangan sehat. Hal ini guna memastikan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1444 bebas dari penyakit.

Eli menyampaikan, upaya lain untuk menjamin seluruh hewan kurban yang masuk ke Jakarta aman juga tengah digencarkan seperti melakukan pemeriksaan dan pendataan hewan di tempat penampungan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengamatan, serta mengambil darah hewan ternak yang akan dikurban untuk memastikan hewan bebas dari penyakit.

“Sapinya akan kita kasih eartag, anting yang ada barcode-nya, nanti kita bisa baca itu hewan berasal dari mana, umurnya berapa, kemudian sudah divaksin atau belum,” kata Eli dalam keterangan tertulis dikutip Senin (19/6/2023).

Sementara itu, Dinas KPKP juga akan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta terkait limbah dari hewan kurban. Menurut Eli, nantinya panitia penyelenggara akan diberikan penyuluhan dan pendampingan untuk menangani limbah pasca pemotongan hewan kurban.

“Saat sekarang ini kita sudah melakukan kerja sama dengan Dinas LH, jadi dia akan membantu untuk penanganan limbah padatnya terutama,” ucapnya.

Diketahui, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mengumumkan penentuan Hari Raya Idul Adha 2023 setelah Sidang Isbat Penetapan Awal Zulhijah 1444 H.

Hasilnya, Kemenag RI menetapkan Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis 29 Juni 2023. Sebab, awal Zulhijah jatuh pada Selasa 20 Juni 2023.

“Oleh karenanya, berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk, dan tidak memenuhi kriteria MABIMS. Serta ketiadaan laporan melihat hilal, sidang isbat secara mufakat bahwa 1 Zulhijah 1444 Hijriah jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juni 2023 Masehi dan Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023 Masehi,” ujar Wakil Menteri Agama RI Dr H Zainut Tauhid Sa’adi dalam konferensi pers, Minggu 18 Juni 2023.

“Inilah hasil sidang isbat yang baru saja kita laksanakan dan kita sepakati bersama dan untuk diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat,” jelas dia.

Sebelumnya, sidang isbat digelar di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : iNews.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *