Indonesia Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games

Kontingen Indonesia berhasil menorehkan hattrick juara umum atau tiga kali juara umum secara berturut-turut pada ASEAN Para Games.

Indonesia dipastikan keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2023 di Kamboja lantaran perolehan medali emas tim Merah Putih sudah tidak mungkin lagi dapat dilampaui negara lain.

Kontingen Indonesia kini masih bercokol di puncak klasemen medali ASEAN Para Games 2023.

Hingga Jumat (9/6) pukul 09.30 WIB, Indonesia telah mengoleksi 153 medali emas, 141 medali perak, dan 87 medali perunggu.

Sementara di posisi kedua ditempati Thailand dengan 123 medali emas, 107 medali perak, dan 84 medali perunggu.

Kemudian di posisi ketiga ditempati Vietnam dengan mengoleksi 66 medali emas, 56 medali perak, dan 77 medali perunggu.

Meski pertandingan ASEAN Para Games 2023 masih berlangsung pada Jumat (9/6) yang merupakan hari terakhir, namun perolehan emas Indonesia sudah tidak mungkin lagi dapat dilampaui negara lain.

Indonesia pun dipastikan keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2023.

Prestasi ini memenuhi target yang dicanangkan Indonesia. Sekaligus Indonesia berhasil hattrick juara umum dalam tiga edisi terakhir secara berturut-turut.

Indonesia sebelumnya sukses menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2022 di Solo dan 2017 di Malaysia.

“Ini hebat karena tidak hanya banyak di medali emas, tetapi juga di perak dan perunggu. Ini juara umum yang paripurna. Di ASEAN Para Games ini Indonesia memecahkan rekor di 15 nomor, 4 powerlifting, 11 swimming,” kata Menpora Dito Ariotedjo.

“Ini merupakan tonggak sejarah, menjadi medali terbanyak dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di ASEAN Para Games saat tak jadi tuan rumah. Saya bersyukur sejak SEA Games dan Paragames banyak sejarah dan rekor tercipta,” ujarnya.

Ketua NPC Indonesia Senny Marbun pencapaian luar biasa kali ini tak lepas dari perhatian pemerintah dan semangat juang para atlet. Karenanya peristiwa ini diharapkan jadi momentum kebangkitan.

“Yang paling penting geliat olahraga di tanah air luar biasa. Ini karena presiden kita bapak Joko Widodo sangat peduli dalam berbagai sisi olahraga. Perhatian Presiden membuat kita semakin bersemangat,” kata Senny.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Merdeka

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *