Pemain Termuda dan Tertua di Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 akan dimulai Minggu (20/11) dan berikut pemain termuda serta tertua yang masuk skuad Piala Dunia Qatar.

Untuk pemain termuda yang masuk Piala Dunia 2022 adalah penyerang timnas Jerman Youssoufa Moukoko. Pemain Borussia Dortmund itu akan genap 18 tahun saat Piala Dunia 2022 dimulai pada 20 November mendatang.

Moukoko merupakan pemain kelahiran Yaounde, Kamerun, 20 November 2004. Moukoko dipilih pelatih Jerman, Hansi Flick, menyusul cedera yang dialami Timo Werner.

Sandy Walsh Hafalkan Indonesia Raya di Pesawat Jelang Jadi WNI
Moukoko tidak memiliki caps bersama timnas Jerman, namun dia mampu tampil apik bersama Dortmund musim ini dengan torehan enam gol dari 14 penampilan di Bundesliga.

Sementara pemain tertua di Piala Dunia 2022 adalah kiper timnas Meksiko Alfredo Talavera. Kiper klub Juarez itu akan berusia 40 tahun dan 63 hari saat Piala Dunia 2022 dibuka.

Talavera memiliki banyak pengalaman memperkuat timnas Meksiko dengan mengoleksi 40 caps sejak 2011. Namun Talavera lebih sering menjadi pelapis kiper hebat Meksiko seperti Jesus Corona dan Guillermo Ochoa.

Rekor pemain termuda yang tampil di Piala Dunia hingga saat ini masih dipegang Norman Whiteside. Pemain Irlandia Utara itu tampil di Piala Dunia 1982 melawan Yugoslavia saat masih 17 tahun dan 40 hari.

Sementara untuk rekor pencetak gol termuda di ajang Piala Dunia masih menjadi milik Pele. Legenda Brasil itu mencetak gol ke gawang Wales saat Piala Dunia 1958 ketika masih 17 tahun dan 239 hari.

Untuk rekor pemain tertua, kiper asal Mesir Essam El Hadary masih memegang rekor tersebut. El Hadary melawan Arab Saudi di Piala Dunia 2018 ketika usianya 45 tahun dan 161 hari.

Sedangkan rekor pencetak gol tertua di Piala Dunia adalah Roger Milla. Legenda Kamerun yang pernah bermain di Liga Indonesia itu mencetak gol ke gawang Rusia di Piala Dunia 1994 saat 42 tahun dan 39 hari.

Milla hingga kini juga masih memegang rekor sebagai pemain outfield (non-kiper) tertua yang pernah tampil di Piala Dunia.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *