Iran Tunjuk Dubes untuk Arab Saudi Usai Kesepakatan Diplomatik

Hampir dua bulan setelah Iran dan Arab Saudi sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik, Iran telah menunjuk seorang Duta Besar untuk Arab Saudi, menurut Mizan, kantor berita peradilan Iran.

Mengutip dari laman Middle East Eye, Senin, 22 Mei 2023, Alireza Enayati ditunjuk sebagai utusan baru untuk Saudi. Sebelum jabatan baru ini, ia menjabat sebagai Dubes Iran untuk Kuwait dari 2014 hingga 2019, dan kemudian menjadi direktur jenderal urusan Teluk di kementerian luar negeri Iran.

Maret lalu, dua rival regional mengakhiri tujuh tahun hubungan yang terputus setelah kesepakatan yang ditengahi Tiongkok.

Hubungan yang kacau antara Iran dan Arab Saudi berawal dari revolusi Islam Iran pada tahun 1979. Pengenalan republik teokratis baru dipandang sebagai ancaman oleh Riyadh, yang, di antara tetangga regional yang diperintah Sunni lainnya, menuduh Teheran berusaha mengekspor revolusinya. dan menegaskan pengaruh di wilayah tersebut.

Arab Saudi memiliki hubungan sulit dengan Iran di bawah Shah Mohammad Reza Pahlavi, tetapi ini membaik menjelang akhir masa pemerintahannya. Keduanya adalah anggota asli organisasi minyak OPEC.

Arab Saudi secara diam-diam mendukung Irak selama perangnya melawan Iran pada 1980-an, sebelum kemudian ketegangan mereda. Keduanya memutuskan hubungan dari tahun 1987 hingga 1990. Ketegangan kembali terjadi selama protes Musim Semi Arab di seluruh wilayah pada tahun 2011.

Pada 2015, hampir 2.300 jemaah haji asing tewas terinjak-injak saat menunaikan ibadah haji. Ratusan dari mereka yang tewas adalah warga Iran.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menuduh Arab Saudi melakukan “pembunuhan” dan mengatakan “tidak memenuhi syarat untuk mengelola dua masjid suci.”

Keduanya memutuskan hubungan pada 2016 setelah kerajaan Teluk itu mengeksekusi ulama Syiah Nimr al-Nimr, yang telah terlibat dalam protes anti-pemerintah di provinsi timur Arab Saudi. Serangan selanjutnya terhadap misi diplomatik Saudi di Iran sebagai akibat dari pembunuhannya juga berkontribusi pada ketegangan.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *