8 Partai Thailand Sepakati Pakta untuk Bentuk Pemerintahan Baru

Para anggota koalisi delapan partai politik di Thailand menandatangani sebuah pakta pada Senin, 22 Mei, yang memaparkan agenda bersama dalam upaya membentuk pemerintahan baru. Ini dilakukan setelah kubu oposisi memenangkan mayoritas kursi dalam pemilihan umum Thailand pada 14 Mei lalu.

Dipimpin partai Move Forward Party (MFP), para anggota koalisi menandatangani nota kesepahaman (MoU) yang terdiri dari 23 poin tentang pemulihan demokrasi, termasuk menulis ulang konstitusi, mengakui pernikahan sesama jenis, mencapai perdamaian berkelanjutan di provinsi perbatasan selatan dan reformasi sistem peradilan.

Partai lain dalam koalisi tersebut adalah Pheu Thai, Thai Sang Thai, Prachachat, Seri Ruam Thai, Pheu Thai Ruam Palang, Partai FAIR dan Plung Sungkom Mai.

Mengutip dari laman Anadolu Agency, Selasa, 23 Mei 2023, MoU tersebut juga menekankan “status yang tidak dapat diganggu gugat” dari monarki bangsa.

MFP memperoleh 152 kursi dari total 500 di DPR Thailand dalam pemilu lalu. Dengan koalisinya, jumlah kursi meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 313, mewakili mayoritas yang jelas.

Namun, untuk pemilihan perdana menteri Thailand, seorang calon memerlukan dukungan dari 376 anggota parlemen. Pita Limjaroenrat, 42, pemimpin MFP kiri-tengah, memimpin koalisi oposisi.

Sidang bersama DPR bersama dengan 250 anggota Senat akan memilih perdana menteri baru.

Jika koalisi berhasil memenangkan mayoritas 376 kursi di kedua majelis parlemen Thailand dalam proses yang akan memakan waktu setidaknya 60 hari untuk dimulai, Pita akan menjadi perdana menteri ke-30 Thailand pada Juli mendatang dalam sidang gabungan parlemen.

Jutaan warga Thailand memberikan suara mereka pada 14 Mei lalu untuk memilih DPR baru dengan 500 kursi, atau majelis rendah parlemen, untuk empat tahun ke depan.

Tingkat keikutsertaan warga Thailand mencapai 39,5 juta, atau 75 persen dari 52 juta pemilih terdaftar di negara tersebut.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *