Timnas Basket Indonesia Ingin Pertahankan Emas SEA Games

Pelatih Timnas Basket Indonesia Milos Pejic mematok target mempertahankan medali emas SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja.

Pertandingan pertama cabang olahraga basket akan berlangsung mulai 9 Mei di Morodok Techno Indoor Sports Center. Indonesia berada di Grup B bersama Laos, Vietnam, dan Thailand.

Pejic percaya diri bisa mewujudkan ambisi tersebut. Namun Timnas Basket harus bekerja keras karena skuad emas 2021 (2022) berbeda dengan 12 pemain yang dipanggil kali ini.

Ada enam pemain dari skuad emas 2021 yang tidak bisa bergabung. Salah satunya adalah Abraham Damar Grahita yang kini berkiprah di Jepang. Kendati demikian Pejic tidak kecil hati.

“Saya selalu optimistis. Sebelum setiap latihan saya optimistis untuk melakukan latihan yang baik setiap hari, untuk mencoba memenangkan setiap pertandingan, untuk selalu optimistis,” kata Pejic.

“Saya percaya pada tim saya, tapi semua orang harus tahu ini adalah tim baru. Kami memiliki enam pemain baru,” kata pelatih asal Serbia seusai latihan tim di GBK Arena pada Rabu (3/5) sore.

Kabar baiknya, Brandon Jawato, salah satu pemain andalan Pejic sudah bergabung. Waktu persiapan singkat selama tujuh hari ke depan akan dimanfaatkan Pejic untuk mematangkan strategi.

Dari mulai kolektivitas hingga detail-detail kecil strategi permainan akan terus dimatangkan. Pejic percaya para pemainnya punya perasaan yang sama bisa mempertahankan medali emas.

“Cukup atau tidak cukup [persiapan] itu ada waktu tujuh hari. Kami akan melakukan yang terbaik mempersiapkannya dan memasukkannya [Brandon Jawato] ke dalam sistem,” ucap Pejic.

Soal kekuatan lawan di Grup B, akan ditatap satu per satu. Pejic tak ingin energinya habis untuk memikirkan calon lawan. Fokus pertama Pejic adalah mengalahkan Laos.

“Thailand adalah lawan di pertandingan ketiga. Untuk saat ini, kita berbicara tentang kemungkinan kekalahan, pertandingan pertamanya Laos lalu Vietnam,” katanya.

“Tetapi daftar pemain Thailand sangat kuat. Mereka lebih kuat. Kami masih punya waktu untuk berbicara tentang Thailand. Izinkan kami fokus terlebih dahulu melawan Laos dan Vietnam baru Thailand,” ujarnya.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *