Dunia Makin Ngeri, IMF Ingatkan Risiko Perang Dingin Baru

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva memperingatkan para pembuat kebijakan terhadap bahaya Perang Dingin baru. Perang Dingin baru ini bisa muncul ketika mereka meningkatkan upaya untuk mengamankan rantai pasokan industri mereka di tengah ketegangan geopolitik antara kekuatan-kekuatan besar.

“Pertanyaannya adalah, bisakah kita lebih bertekad untuk meningkatkan keamanan pasokan tetapi tidak mendorong dunia sejauh kita berada dalam Perang Dingin kedua?” ujar Georgieva, dikutip dari Antara, Jumat, 14 April 2023.

Georgieva, yang dibesarkan di Bulgaria selama era Soviet, mengatakan dia mengalami Perang Dingin dan dampaknya memutuskan orang-orang berbakat dari ekonomi dunia. Dia tidak ingin melihat hal itu terulang.

Para pemimpin keuangan Kelompok Tujuh (G7) berjanji untuk memberikan peran yang lebih besar kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah dalam mendiversifikasi rantai pasokan agar mereka lebih tangguh dan berkelanjutan.

IMF telah memperingatkan bahwa meningkatnya ketegangan geopolitik dan fragmentasi ekonomi global yang diakibatkannya dapat meningkatkan risiko stabilitas keuangan dan berpotensi mengurangi ekonomi global antara 0,2 persen dan 7,0 persen.

Georgieva mengatakan para pembuat kebijakan mungkin harus menerima pengembangan rantai pasokan baru yang lebih terpisah akan melibatkan sejumlah biaya.

“Keamanan pasokan dan fungsi rantai pasokan global yang andal mengambil tempat baru, prioritas yang lebih tinggi dalam diskusi ekonomi,” katanya, mengutip dampak pandemi covid-19 dan perang di Ukraina. Tapi dia memperingatkan agar tidak berlebihan dan merusak arus perdagangan global.

“Jika kita gagal menjadi lebih rasional, maka orang di mana pun akan menjadi lebih buruk. Kelas menengah di setiap negara akan membayar harganya,” kata Georgieva.

IMF telah lama memperingatkan tentang peningkatan biaya, gesekan ekonomi yang terkait dengan ekonomi global yang terpecah menjadi blok-blok geopolitik, dengan demokrasi yang dipimpin AS di satu sisi dan Tiongkok serta negara-negara otokratis lainnya di sisi lain.

Tetapi Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire mengatakan penting bagi Prancis, Uni Eropa, dan Amerika Serikat untuk mengamankan rantai pasokan barang-barang penting seperti baterai kendaraan listrik dan mengurangi ketergantungan pada Tiongkok meskipun dia tak menampik peran Tiongkok dalam tantangan global.

“Saya pikir kita perlu melibatkan Tiongkok jika kita ingin menyusun tanggapan terhadap tantangan terbesar abad ke-21, termasuk perubahan iklim dan keringanan utang,” katanya.

Seorang pejabat senior Departemen Keuangan AS mengatakan Tiongkok juga berkontribusi pada fragmentasi dengan menjaga sektor ekonominya yang luas dari batas persaingan asing.

“Mereka bergerak ke arah yang menutup dunia dan memisahkan diri dari hal-hal seperti kebijakan berorientasi pasar yang memungkinkan mereka meningkat begitu cepat,” kata pejabat itu.

IMF memperkirakan pemulihan yang kuat di Tiongkok pada 2023 mengingat pembukaannya pascacovid-19, dan akan menyumbang sekitar sepertiga dari pertumbuhan global tahun ini.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *