Mudik Lebaran 2023, Kesehatan Pengemudi di Seluruh Terminal Jakarta Diperiksa

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana angkutan mudik lebaran 2023. Mulai dari program mudik gratis, penyediaan terminal keberangkatan hingga disediakannya posko pemantauan di setiap terminal keberangkatan.

Untuk prasarana angkutan lebaran ini, Pemprov Jakarta telah menyiapkan empat terminal utama dan tiga terminal bantuan, serta disediakan posko pemantauan di setiap terminal utama maupun terminal bantuan.

Berdasarkan data yang diterima dari Pemprov Jakarta, empat terminal utama untuk mudik lebaran 2023 berada di Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, dan Terminal Tanjung Priok. Sedangkan Terminal Grogol, Terminal Muara Angke, hingga Terminal Lebak Bulus dipusatkan jadi terminal bantuan.

Inspeksi keselamatan kendaraan dan pemeriksaan kesehatan pengemudi di seluruh terminal tipe A DKI Jakarta dengan kapasitas tertentu. Selain itu juga dilakukan dengan kapasitas rampcheck kendaraan 92 bus per hari dan kapasitas pemeriksaan kesehatan pengemudi 135 orang per hari.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan 2.258 bus dari 152 perusahaan otobus yang melayani antarkota dan antarprovinsi.

Lebih lanjut, dalam penyelenggaraan angkutan lebaran 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga bakal mengerahkan 2.630 personel untuk pengamanan lalu lintas.

Untuk angkutan laut, Dishub DKI Jakarta juga menyediakan 10 kapal yang dapat mengangkut 488 penumpang, 21 kapal tradisional yang dapat mengangkut 3.845 penumpang, dan 19 kapal swasta yang dapat mengangkut 1.183 penumpang.

Lalu, program mudik gratis dengan menggunakan 482 bus yang dapat mengangkut 19.280 penumpang dan 23 truk yang dapat mengangkut 690 sepeda motor untuk 6 provinsi dan 19 kabupaten kota juga dihelat. Pemudik diberangkatkan pada 16-17 April 2023.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *