Jokowi akan Tinjau Kesiapan Mudik di Pelabuhan Merak Banten Hari Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten Selasa (11/4/2023). Dia diagendakan akan meninjau fasilitas dan kesiapan arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.30 WIB dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, dari Bandara Adi Soemarmo Jawa Tengah.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jokowi melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Dia akan mendarat di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Selanjutnya, Jokowi akan menuju Pasar Kelapa di Kota Cilegon. Disana, dia direncanakan mengecek harga-harga kebutuhan pokok sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang di pasar tersebut.

Selepas itu, Jokowi akan beranjak menuju Pelabuhan Merak untuk melakukan peninjauan fasilitas dan kesiapan Pelabuhan Merak dalam menghadapi arus mudik tahun 2023.

Setelahnya, Jokowi dijadwalkan akan kembali ke Pelabuhan Indah Kiat untuk kemudian lepas landas menggunakan helikopter menuju Jakarta.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Wanti-wanti Kepala Daerah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti para menteri dan kepala daerah untuk mempersiapkan diri menangani mudik Lebaran 2023. Pasalnya, kata dia, jumlah pemudik Lebaran 2023 diprediksi melonjak drastis.

“Kurang lebih 123 juta masyarakat kita akan bersama-sama mudik. Tahun kemarin 86 (juta), ini 123 juta. Hati-hati, angka ini hati-hati,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Cepogo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Senin 10 April 2023.

“Saya sudah memperingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN yang menyangkut transportasi laut,” sambungnya.

Dia menyebut Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat menjadi tiga daerah yang diprediksi akan menjadi tujuan utama pemudik. Untuk itu, Jokowi meminta kepala daerah bersiap menjelang mudik Lebaran 2023.

“Para gubernur, para bupati, dan wali kota betul-betul menyiapkan diri karena melompat dari 86 juta (pemudik) ke 123-124juta (pemudik),” ujarnya.

Buka Sejumlah Ruas Jalan Tol

Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah akan membuka sejumlah jalan tol yang konstruksinya sudah rampung, menjelang Lebaran 2023. Hal ini dinilai dapat mengurangi angka kemacetan saat mudik Lebaran.

“Tol-tol yang konstruksinya sudah selesai ini menjelang lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan,” jelas Jokowi.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *