Gempa Bumi Magnitudo 6,6 Guncang Pantai Timur Rusia

Gempa bumi besar berkekuatan magnitudo 6,6 melanda area dekat pantai timur Kamchatka di Timur Jauh Rusia, menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) pada Senin, 3 April 2023. Gempa tersebut dilaporkan EMSC berada di kedalaman 100 kilometer.

Mengutip dari laman Independent, guncangan terbaru dirasakan di kota Petropavlovsk-Kamchatsky pada Senin ini, pada pukul 15.06 waktu setempat (03.06 GMT).

Tidak ada peringata n gelombang tsunami yang dikeluarkan oleh Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat.

Layanan geofisika Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia mengatakan, gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,9 dan terjadi di dekat Teluk Avacha di pantai tenggara Semenanjung Kamchatka, lapor kantor berita Sputnik News.

Magnitudo gempa telah direvisi dari awalnya di angka 5,7. Pusat gempa bumi atau episentrum berada sekitar 99,5 km dari perairan Teluk Avacha.

Sebuah video yang dibagikan di media sosial menunjukkan layar komputer di kantor bergetar dan air tumpah dari gelas.

Ini adalah gempa bumi kedua di wilayah Kamchatka dalam sebulan terakhir. Sebelumnya pada 8 Maret lalu, gempa bumi magnitudo 6,1 menghantam pantai selatan Semenanjung Kamchatka.

Gempa bulan lalu menyebabkan dua gempa susulan berikutnya dalam kurun waktu tiga jam setelah aktivitas seismik pertama.

Semenanjung Kamchatka, terletak di Timur Jauh Rusia, memiliki panjang 1.250 km. Wilayah ini memiliki kepadatan gunung berapi aktif tertinggi, dengan 19 gunung berapi aktif di wilayah tersebut yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia Unesco.

Wilayah ini juga rawan gempa bumi karena berada di bagian timur laut zona seismik aktif di Samudera Pasifik yang dikenal sebagai Cincin Api atau Ring of Fire.

 

 

 

 

 

 

Sumber : Medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *