Jokowi: Semua Harga Pangan Baik Menjelang Ramadan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan semua harga pangan baik menjelang Ramadan tahun ini. Hal itu disampaikan saat ia meninjau Pasar Rakyat Tabalong, Kalimantan Selatan.

“Jadi kami cek harga-harga (pangan). Saya kira semuanya pada kondisi baik. Tadi cabai baik, bawang merah baik, kita lihat semuanya baik. Harganya baik menjelang Ramadan,” kata Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (17/3).

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mengatakan masyarakat Tabalong ramah-ramah. Ia juga menyebut soal potensi Tabalong menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru selepas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rampung.

“Nanti kalau sudah IKN ini selesai bisa menjadi menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar IKN, termasuk di Tabalong kita harapkan,” tandas Jokowi.

Menyoal harga pangan yang diklaim Jokowi baik, data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) hari ini menunjukkan harga cabai dan bawang tak sepenuhnya baik. Ada juga yang mengalami kenaikan.

Terlihat harga cabai rawit merah di pasar tradisional masih pedas menembus Rp73.300 per kg atau naik Rp550. Namun, harga cabai merah keriting turun Rp400 menjadi Rp48,250 per kg, cabai rawit hijau turun Rp200 menjadi Rp48.950 per kg, dan cabai merah besar stabil di Rp48.850 per kg.

Sementara itu, harga bawang merah ukuran sedang terpantau tetap di angka Rp37.900 per kg. Kendati, bawang putih ukuran sedang naik Rp50 menjadi Rp33.850 per kg.

Selain cabai dan bawang, harga daging ayam, telur, hingga minyak goreng terpantau masih mahal. Daging ayam ras segar misalnya yang naik Rp150 menjadi Rp34.750 per kg.

Kemudian, telur ayam ras segar naik Rp300 ke angka Rp29.950 per kg. Sedangkan minyak goreng curah naik Rp50 menjadi Rp15.700 per kg dan minyak goreng kemasan bermerek 1 naik Rp50 menjadi Rp21.850 per kg.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Media Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *