Kabar Baik Buat Antam, Harga Emas Dunia Lanjut Naik!

Harga emas dunia menguat pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB), memperpanjang keuntungan untuk hari keempat berturut-turut. Hal itu karena didorong dolar AS yang lebih lemah dan penurunan imbal hasil obligasi di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memperlambat kenaikan suku bunganya.

Mengutip Antara, Rabu, 25 Januari 2023, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari di divisi Comex New York Exchange, terangkat USD6,80 atau 0,35 persen menjadi USD1.935,40 per ons, setelah diperdagangkan mencapai level tertinggi sesi di USD1.943,80 dan terendah di USD1.918,20.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya turun 0,19 persen menjadi 101,9150, membuat emas yang dihargakan dalam dolar lebih murah bagi banyak pembeli, sementara imbal hasil obligasi Pemerintah AS 10-tahun merosot dari tertinggi satu minggu mereka.

“Saya pikir emas masih bertahan cukup kuat karena ekspektasi pasar beralih lebih ke arah jeda potensial dari Fed, atau beralih ke kebijakan yang lebih dovish,” kata Ahli Strategi Komoditas TD Securities Ryan McKay.

Para analis pasar mencatat investor dengan posisi beli emas terus optimisis karena ada kekhawatiran yang meningkat akan resesi AS. Indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) S&P Global AS yang dirilis naik sedikit dari 46,2 pada Desember menjadi 46,8 pada Januari, menandakan penurunan solid dalam kondisi operasi pada awal 2023, mendukung emas.

Sementara itu, PMI Jasa S&P AS pulih ke 46,6 pada Januari dari 44,7 pada Desember, lebih baik dari ekspektasi pasar.

Sedangkan logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret naik sebanyak 19,5 sen atau 0,83 persen, menjadi USD23,749 per ons. Kemudian platinum untuk pengiriman April meningkat sebanyak USD10,5 atau 0,99 persen, menjadi USD1.066,80 per ons.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Market Bisnis

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *