Gitaris Legendaris Jeff Beck Meninggal Dunia

Gitaris legendaris Jeff Beck meninggal dunia setelah berjuang melawan meningitis selama beberapa waktu terakhir.
Dalam unggahan di akun resmi musisi tersebut, Kamis (12/1) pagi waktu Indonesia, pihak keluarga menyatakan Jeff Beck meninggal dunia pada Selasa (10/1) waktu Amerika Serikat pada usia 78 tahun.

“Atas nama keluarga, dengan duka yang begitu mendalam bahwa kami berbagi kabar Jeff Beck meninggal dunia,” tulis pihak keluarga dalam unggahan di Instagram.

“Setelah tiba-tiba tertular bakteri meningitis, ia meninggal dunia dengan damai kemarin. Keluarganya meminta privasi kala mereka menerima kehilangan yang luar biasa ini,” lanjut unggahan tersebut.

Jeff Beck merupakan gitaris rock legendaris asal Inggris. Namanya dikenal kala bergabung dengan The Yardbirds dan kemudian membentuk the Jeff Beck Group, serta grup Beck, Bogert & Appice.

Lahir pada 24 Juni 1944, Beck sudah aktif di dunia musik sejak 1964 dan dikenal menguasai berbagai aliran musik, di antaranya rock, instrumental rock, dan jazz fusion.

Pada 1975, dia dikenal kerap menciptakan suara-suara instrumental yang inovatif. Karyanya pun tersebar mulai dari blues rock, hard rock, jazz fusion, hingga campuran gitar rock dan elektronika.

Sepanjang hidup, Beck tercatat sudah terlibat dalam 14 album studio dan 4 album kolaborasi.

Kepiawaian Beck dalam memetik senar gitar membuahkan banyak penghargaan, seperti enam piala Grammy untuk Best Rock Instrumental Performance dan satu piala untuk kategori Best Pop Instrumental Performance.

Ia juga didaulat masuk dalam lima besar gitaris terbaik sepanjang massa versi Rolling Stone dan majalah musik lainnya. Beck bahkan seringkali disebut sebagai “gitarisnya gitaris”.

Jeff Beck yang sudah menjadi vegetarian sejak 1969 menikah dengan Sandra pada 2005.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *