Soul Tayang 25 Desember, Perjalanan Spiritual Musisi Jazz

Film terbaru dari Disney and Pixar berjudul Soul akan tayang perdana secara eksklusif di Disney+ Hotstar pada Jumat, 25 Desember 2020 tanpa biaya tambahan. Soul menceritakan perjalanan spiritual dari seorang pianis pecinta musik jazz. Film animasi ini disutradarai oleh pemenang Academy Award, Pete Docter dan Kemp Power. Pete Docter juga merupakan sutradara film Inside Out dan Up.

Soul mengisahkan tentang Joe Gardner (disuarakan oleh Jamie Foxx), seorang guru musik paruh waktu di sekolah menengah yang mendapatkan kesempatan sekali dalam seumur hidupnya untuk bergabung dengan kelompok jazz terkenal. Joe sudah lama mendambakan hal tersebut yang dapat membuat karier bermusiknya semakin cemerlang. Namun di saat yang bersamaan, ia juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi guru tetap di sekolah tempatnya mengajar dan mendapatkan segala fasilitas yang membuat hidupnya terjamin.

Sang ibu, Libba (Phylicia Rashad) yang memiliki toko jahit pakaian lebih setuju jika Joe tetap menjadi guru daripada mengikuti ambisinya, menjalani audisi dari pemain saksofon terkenal Dorothea Williams (Angela Bassett). Namun Joe tetap pada pendiriannya mengikuti audisi tersebut dan diterima untuk bisa bermain di klub jazz terbaik di New York.

Setelah dirinya diterima dalam kelompok jazz tersebut, Joe tertimpa musibah saat perjalanan pulang. Ia terjatuh ke dalam lubang bawah tanah yang membuatnya kritis. Jiwanya yang digambarkan seperti hantu kecil keluar dari tubuhnya dan melakukan perjalanan ke alam baka, The Great Before.

Saat itu Joe punya pemikiran berbeda dengan jiwa-jiwa lainnya yang pasrah menuju ke lingkaran cahaya sangat terang. Joe ingin kembali ke tubuhnya untuk bisa segera tampil di pertunjukkan musik bersama kelompok jazznya. Sampai akhirnya Joe bertemu dengan 22 (Tina Fey), jiwa yang tidak tertarik untuk kembali ke bumi. Kedunya membuat perjanjian yang bisa menguntungkan untuk mereka masing-masing.

Namun hal tak terduga terjadi saat kembali ke bumi, jiwa Joe masuk ke dalam seekor kucing, sedangkan 22 memasuki tubuh Joe. Selama pertukaran jiwa itu keduanya mengalami berbagai hal menyenangkan, mengejutkan, dan membuat keduanya semakin sadar dengan tujuan hidup mereka.

Meski animasi, film berdurasi 106 menit ini memberikan pembelajaran cukup besar khususnya untuk usia produktif. Film ini membuat penonton merefleksikan kembali apa yang sudah dilakukannya selama hidup, apakah sudah melakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Penonton juga akan terhibur dengan tingkah laku setiap karakter.

Soul juga menampilkan berbagai pengisi suara seperti Graham Norton, Daveed Diggs, Richard Ayoade, dan Rachel House. Menurut Pete Docter, gagasan kreatif tentang uniknya dunia The Great Before tumbuh selama 23 tahun. Pete Docter menyadari sang putra yang kini berusia 23 tahun sejak lahir sudah memiliki kepribadian dan itu yang membuatnya penasaran

“Saya pikir kepribadian Anda terbentuk melalui interaksi Anda dengan dunia. Namun, satu hal yang cukup jelas adalah kita semua dilahirkan dengan karakter sangat unik dan spesifik tentang siapa diri kita sebenarnya. Dalam kisah kami, setiap orang dilahirkan dengan jiwa. Dan jiwa-jiwa tersebut tidak hanya muncul tanpa persiapan, mereka juga terlatih dan diberi kepribadian serta minat,” kata Pete Docter dalam siaran pers.

Menampilkan kegembiraan dalam hidup yang tak terduga dan juga menampilkan beragam karakter, Soul menggambarkan sebuah kisah tentang hubungan manusia dan bagaimana seseorang menemukan tempatnya di dunia. Film yang sempurna untuk ditonton bersama orang-orang tersayang di musim liburan kali ini.

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *