Cetak Rekor! Jepang Bukukan Surplus Transaksi Berjalan USD13,65 Miliar

Jepang mencatat surplus transaksi berjalan terbesar untuk November 2022. Data Kementerian Keuangan Jepang menyampaikan, surplus transaksi berjalan ini didorong oleh rekor kenaikan pendapatan primer dari pengembalian investasi luar negeri.

Surplus pendapatan utama, pelonggaran defisit perdagangan, dan melemahnya yen digabungkan untuk membawa surplus neraca berjalan Jepang menjadi 1,8 triliun yen atau setara USD13,65 miliar pada November. Angka ini mencetak rekor surplus dalam satu bulan.

Angka surplus tersebut lebih dari tiga kali rata-rata perkiraan para ekonom untuk surplus 471,1 miliar yen dalam jajak pendapat Reuters, dengan pengembalian besar dan kuat dari investasi portofolio dan investasi langsung di luar negeri lebih dari mengimbangi defisit perdagangan yang bertahan.

Surplus neraca transaksi berjalan negara itu telah lama dianggap sebagai tanda kekuatan ekspor dan sumber kepercayaan pada mata uang safe-haven yen, tetapi neraca kadang-kadang jatuh ke dalam defisit bulanan dalam beberapa tahun terakhir.

Surplus perdagangan Jepang telah mengalami penurunan yang stabil sejak krisis keuangan global pada 2007-2008. Kondisi ini mengubah ekonomi Negeri Matahari Terbit itu menjadi ekonomi yang didorong oleh investasi di luar negeri.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Anadolu Agenc

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *