Vokalis Band Ska The Specials Terry Hall Meninggal Dunia

Vokalis dan pentolan band ska asal Inggris The Specials Terry Hall meninggal dunia pada usia 63 tahun, Selasa (20/12) waktu Inggris.
Kabar duka ini disampaikan langsung oleh akun resmi The Specials di media sosial, sekaligus memberikan rasa hormat atas seluruh sumbangsih berharga yang ditinggalkan Terry Hall.

“Dengan sangat sedih kami mengumumkan Terry meninggal usai menderita sakit, sahabat yang rupawan, saudara, dan salah satu penyanyi, penulis lagu dan lirik paling cemerlang yang pernah ada di negara ini,” tulis akun The Specials di Twitter, Selasa (20/12).

Dalam keterangan tersebut, The Special mendeskripsikan mendiang Terry Hall salah satu manusia terbaik yang pernah mereka temui.

Sebagai pria keluarga yang bertanggung jawab, Terry juga dikenal berkat penampilan magisnya bersama The Specials, bersama seluruh humor, keceriaan, dan upayanya untuk tetap menegakkan kedamaian dan keadilan dengan rasa cinta.

“Dia akan sangat dirindukan semua orang yang mengenal dan mencintainya usai meninggalkan karunia musiknya yang luar biasa dan rasa kemanusiaan yang mendalam,” tulis The Specials.

“Terry kerap meninggalkan panggung setiap penampilan The Specials yang prima dengan tiga kata, yaitu ‘Love Love Love’,” kenang The Specials terhadap sang mendiang frontman.

Hall meninggal dunia saat usia 63 tahun. Ia meninggalkan istri bernama Lindy Heymann serta dua anak, Leo dan Felix Hall.

The Specials tak memberikan detail kejadian ataupun penyebab kematina Hall untuk menghormati rasa berduka dan privasi keluarga.

Dibentuk pada 1977 di Coventry, Inggris, The Specials menjalani kesuksesan debut album self-titled hingga awal 1980-an.

Dengan pentolan Terry Hall bersama Jerry Dammers, Roddy ‘Radiation’ Byers, Neville Staple, John Bradbury, Dick Cuthell dan Rico Rodriguez, The Specials dikenal berkat lagu-lagu ikonis, seperti Ghost Town, Gangsters, dan A Message To You Rudy.

Band tersebut juga dikenal kerap menentang ketidakadilan rasial, serta sering mengomentari kebijakan politik dan reformasi sosial di Inggris dan sekitarnya.

Hall sempat cabut dari Specials pada 1981, sebelum menjalani reuni pada 2008 dan merilis album comeback Encore pada 2019 lalu, serta single Protest Song 1924-2012 pada September 2021.

Saat menjalani masa hiatus dengan The Specials, Terry Hall membentuk band Fun Boy Three pada 1981 dan The Colourfield pada 1984, sebelum bersolo karier dengan dua buah album penuh di tahun 90-an.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *