Ngeri-Ngeri Sedap Tayang Spesial untuk Tunanetra di JAFF 2022

Ngeri-Ngeri Sedap terpilih sebagai salah satu film yang akan tayang di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2022.
Film arahan Bene Dion Rajagukguk itu bakal tayang dalam Bioskop Bisik, program yang disiapkan secara khusus agar dapat dinikmati orang tunanetra.

“JAFF ingin supaya festival ini bisa dirayakan oleh semua orang, termasuk teman-teman disabilitas,” kata Program Director JAFF 2022 Alexander Matius dalam konferensi pers, Kamis (17/11).

“Bioskop Bisik penting karena ini bukan hal baru, sudah beberapa kali dilakukan oleh akar rumput melalui komunitas,” lanjutnya.

Matius menjelaskan dalam program tersebut, penonton akan menyaksikan film dengan bantuan relawan. Para relawan bakal memberikan gambaran detail kepada para penonton sepanjang film diputar.

Penjelasan tersebut mulai dari ekspresi wajah, gerakan tak terucap, hingga latar dan kostum yang digunakan dalam film.

Pemilihan Ngeri-Ngeri Sedap sebagai film yang tayang dalam program tersebut juga bukan tanpa sebab. Matius menilai film tersebut memiliki unsur dialog yang kuat sehingga dirasa tepat untuk ditayangkan.

“Kenapa Ngeri-Ngeri Sedap? Pertama, karena itu salah satu film yang bagus tahun ini. Kedua, harus diakui juga kami mencari film yang juga tidak minim dialog,” tutur Matius.

“Dalam artian, jadi teman-teman nanti akan terbantu untuk dijelaskan visual dan dialognya bisa langsung terdengar,” sambungnya.

Di sisi lain, Ngeri-Ngeri Sedap merupakan salah satu film Indonesia paling sukses tahun ini. Film drama komedi ini bahkan terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk Piala Oscar 2023 dalam kategori Best International Feature Film.

Sementara itu, JAFF resmi mengumumkan gelaran ke-17 yang bakal berlangsuns secara hybrid mulai 26 November hingga 3 Desember 2022. JAFF 2022 mengusung Blossom sebagai tema tahun ini dan akan menayangkan 137 film dari 19 negara regional Asia.

Film-film tersebut tayang secara luring di Empire XXI Yogyakarta, sementara akses secara daring dapat disaksikan melalui KlikFilm.

Ngeri-Ngeri Sedap dijadwalkan tayang di Empire XXI Yogyakarta pada 27 November pukul 16.30 WIB. Penjualan tiket dibuka pada 19 November dan dapat dibeli melalui ticketing platform Tix ID.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Sinergi Madura

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *