Demokrat-Republik Masih Bersaing Ketat Rebut Kuasa Kongres

Penghitungan suara pemilu paruh waktu Amerika Serikat (AS) masih terus dilakukan. Partai Republik memimpin untuk menguasai DPR AS.

Meski demikian untuk kursi senat dan kongres jarak Partai Republik tidak berbeda jauh dengan Demokrat. Republik memiliki setidaknya satu kekalahan di Senat dan ada kemungkinan Demokrat menambah kemenangan, dan membuat posisi keduanya cukup seimbang.

Sementara itu, di DPR, Republik memimpin dengan 199 kursi dari 218 kursi mayoritas. Sedangkan Demokrat mengikuti di belakangnya dengan 173 kursi.

Sedangkan untuk gubernur, di wilayah swing state seperti Arizona, Katie Hobbs dari Demokrat memenangkan pertarungan sementara penghitungan suara masih berlangsung. Sementara lawannya, Kari Lake, yang mengatakan pemilihan presiden 2020 dicurangi, kalah tipis.

Di negara bagian North Carolina, Ted Budd kandidat senator dari Republik memimpin dengan perolehan 50,7 persen suara.

Meski demikian, hasil dari pemilu paruh waktu ini akan secara resmi diumumkan sepekan ke depan. Sementara itu, para kandidat yang menang akan memegang jabatan selama enam tahun, terhitung sejak 3 Januari 2023 hingga 3 Januari 2029.

Pemilu paruh waktu menjadi ajang pertarungan memperebutkan pengaruh antara Demokrat dan Republik di kursi Senat maupun Kongres. Tercatat ada 435 kursi di DPR dan 34 dari 100 kursi di Kongres diperebutkan.

Tak hanya itu, jabatan gubernur juga diperebutkan di 36 negara bagian, begitu pula dengan pemilihan anggota parlemen negara bagian, sekretaris negara bagian dan jaksa agung.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *