Persebaya Fokus Latihan meski Liga 1 Dihentikan

Kompetisi Liga 1 2022-2023 masih belum menemui kepastian kapan akan bergulir kembali. Namun, Persebaya Surabaya memastikan untuk kembali fokus berlatih lagi seperti biasa.

Persebaya tampak kembali ke lapangan pada Senin (10/10/2022) sore untuk melahap program latihan rutin dari pelatih. Sebelumnya, para pemain sudah diberikan waktu libur selama tiga hari.

Pelatih kepala Persebaya, Aji Santoso, enggan lebih dulu menunggu kabar kepastian bergulirnya kembali kompetisi, kemudian baru menyusun program latihan tim.

Ia justru ingin bersiap sejak jauh-jauh hari. Jadi, begitu pemerintah Republik Indonesia, PSSI selaku federasi, dan PT LIB selaku operator Liga 1 memberikan lampu hijau berjalannya kompetisi, maka Persebaya tidak akan kaget.

“Mulai hari Senin ini pemain sudah fokus latihan lagi untuk menatap kompetisi selanjutnya. Meskipun sampai saat ini, kami belum tahu kapan akan dimulainya,” kata Aji Santoso.

Aji Santoso hanya menyikapi keputusan penundaan kompetisi selama dua pekan dengan memberi pasukan Persebaya liburan selama tiga hari. Setelahnya, tim akan diminta fokus lagi.

“Jadi tim sempat libur selama tiga hari, mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu. Kebetulan kan kompetisi juga masih libur. Tapi saya minta anak-anak habis ini fokus latihan lagi untuk pertandingan berikutnya,” ujarnya.

Persebaya jadi tim terakhir yang menjalani pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022-2023. Kala itu, Persebaya menang 3-2 saat bertandang ke markas Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) lalu.

Namun, kejadian pasca-pertandingan membuat sepak bola tanah air berduka. 131 orang sampai hari ini dilaporkan meninggal dunia akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Kejadian tersebut membuat seluruh pemangku kepentingan sepak bola Indonesia memilih untuk menunda kompetisi sampai pengusutan tragedi Stadion Kanjuruhan selesai.

PT LIB pun telah mengeluarkan surat kepada seluruh partisipan Liga 1 terkait hal tersebut. Surat bertanggal 3 Oktober 2022 itu menyatakan kompetisi ditunda selama dua pekan.

Itu berarti, penundaan ini berakhir pada tanggal 17 Oktober 2022 mendatang. Meski demikian, hasil Managers Meeting, Sabtu (8/10/2022) lalu, menyepakati untuk menunggu arahan dari otoritas pemerintah terkait pelaksanaan kembali kompetisi.

Sejumlah tim Liga 1 mengambil sikap yang berbeda-beda terkait penundaan tersebut. Ada yang memilih libur total seperti Madura United, Persija Jakarta, dan Persik Kediri.

Ada juga yang tetap berlatih seperti Bali United dan Persebaya.

“Persebaya tidak terpengaruh kebijakan tim lain. Kan setiap tim punya programnya sendiri-sendiri. Kalau ada tim yang libur, ya tidak masalah, silakan saja,” kata Aji Santoso.

“Tapi kalau saya tidak libur. Libur pun paling yang tiga hari itu, setelahnya fokus lagi,” ujar Aji Santoso menutup.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Bola.net

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *