Puluhan Kendaraan Tempur Parkir di Dekat Istana Jelang HUT TNI

Puluhan kendaraan tempur TNI ‘diparkir’ depan Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (6/10).

Kendaraan-kendaraan tempur akan menjadi bagian dari puncak peringatan HUT ke-77 TNI, Rabu (5/10).

Pantauan CNNIndonesia.com pada Selasa pagi ini, puluhan kendaraan tempur itu sudah berjejer ‘diparkir’ dari depan Markas Besar TNI AD hingga depan Kompleks Istana Kepresidenan di Jalan Medan Merdeka Utara.

Parkirnya puluhan tempur kendaraan itu mengakibatkan arus lalu lintas di sekitaran Medan Merdeka Utara sedikit tersendat. Pasalnya, kendaraan tempur itu diparkir di salah satu ruas lajur jalan.

Perayaan HUT ke-77 TNI juga diwarnai atraksi manuver flypast delapan unit jet tempur F-16 di langit atas Istana Kepresidenan Jakarta.

Delapan unit pesawat tempur buatan Amerika Serikat (AS) itu akan melakukan manuver bomb burst dan berpencar setelah melewati istana. Mereka juga akan menyalakan suar warna-warni dalam manuver itu.

Kemudian akan ada atraksi empat helikopter melakukan helipast sambil membentangkan bendera Merah Putih raksasa.

Empat helikopter itu adalah Helikopter AH64 Apache TNI Angkatan Darat, Helikopter AS565 Panther TNI Angkatan Laut, serta Helikopter EC725 Karakal dan Helikopter NAS332 Super Puma TNI AU.

TNI juga akan menerjunkan Jupiter Aerobatic Team dalam perayaan itu. Kaskoopsudnas Marsda TNI Tedi Rizalihadi mengatakan selama sekitar 11 menit, tim jagoan atraksi udara TNI itu akan menghibur Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tamu negara.

Atraksi di langit dalam HUT TNI itu akan ditutup dengan kembalinya manuver F-16. Tujuh unit F-16 akan melintas dari utara ke selatan langit istana. Pada saat yang sama, satu unit akan ngebut di atas istana.

Pada HUT TNI tersebut, alat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu juga akan melakukan defile atau arak-arakan alutsista dari depan Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara hingga Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sekitar 60 alutsista akan ikut defile dan bisa disaksikan masyarakat umum saat puncak HUT ke-77 TNI itu.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *