Tegang, Florida Siap-siap Hadapi Kedatangan Badai Kategori 4

Badai Ian menghantam Pantai Teluk Florida, Amerika Serikat (AS) pada Rabu 28 September 2022 sebagai salah satu badai AS yang paling kuat dalam beberapa tahun terakhir. Badai menyerang negara bagian itu dengan angin menderu, hujan deras, dan gelombang ombak laut yang berbahaya.

“Ian mendarat pada pukul 15.00 waktu setempat di dekat Cayo Costa, sebuah pulau penghalang di sebelah barat Fort Myers, sebagai badai Kategori 4, dengan angin berkelanjutan hingga 241 km/jam,” ucap Pusat Badai Nasional AS (NHC), seperti dikutip dari AFP, Kamis 29 September 2022.

Kecepatan angin badai menempatkannya hanya sedikit dari penunjukan Kategori 5 pada skala Saffir-Simpson, klasifikasi paling parah untuk badai dengan angin berkelanjutan maksimum setidaknya 252 kilometer per jam.

Wilayah di sekitar zona pendaratan adalah rumah bagi bermil-mil pantai berpasir, sejumlah hotel resor dan banyak taman rumah mobil, favorit para pensiunan dan wisatawan. Namun badai segera mengubah komunitas pesisir yang indah menjadi zona bencana.

Satu jam setelah pendaratan, video yang diposting di media sosial dan stasiun TV lokal menunjukkan air yang dipicu oleh gelombang badai yang kuat mengalir melalui komunitas, hampir di atap rumah. Kota Pantai Fort Myers hampir tenggelam oleh air banjir dan reruntuhan rumah terlihat mengambang di hilir, bersama dengan mobil.

Pemandangan Pulau Sanibel yang diposting di Twitter menunjukkan lautan mengalir deras di atas tembok laut dan membanjiri kolam renang hotel resor. Video lain dari pulau itu menunjukkan jalan-jalan yang terendam oleh gelombang badai, naik ke puncak rambu-rambu jalan.

Video yang diposting di Twitter oleh seorang reporter lokal menunjukkan reruntuhan beberapa rumah yang terapung di air banjir di Pantai Fort Myers. Tembakan kamera langsung dari Pulau Sanibel di Twitter menunjukkan pohon-pohon palem membungkuk ke samping di tengah semburan hujan dan angin yang hampir menyilaukan saat ombak besar menerjang pantai dan ke jalan.

Peramal cuaca mengatakan Ian akan melepaskan gelombang badai – banjir pantai yang didorong oleh angin – hingga 3,7 m bersama dengan badai petir yang intens dan kemungkinan tornado.

“Ini adalah badai yang akan kita bicarakan selama bertahun-tahun yang akan datang, peristiwa bersejarah,” kata Ken Graham, Direktur Layanan Cuaca Nasional.

Bahkan ketika Ian menghantam Pantai Teluk Florida dengan angin kencang dan hujan lebat di jam-jam terakhir sebelum menyapu pantai, pihak berwenang memperingatkan penduduk bahwa sudah terlambat bagi siapa pun yang belum mengungsi untuk melakukannya dengan aman.

Dalam hal kecepatan angin berkelanjutan, yang mencapai puncaknya pada 249 km/jam sebelum pendaratan, Ian menempati peringkat sebagai salah satu badai paling ganas yang menyerang daratan AS dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai perbandingan, Badai Michael datang ke pantai di Florida dengan angin stabil 249 km/jam, sementara Ida tahun lalu membawa angin berkelanjutan 241 km/jam ketika mendarat di Louisiana.

Weather Channel melaporkan bahwa Ian mendarat di titik yang sama persis di mana Badai Charley mendarat pada tahun 2004 sebagai badai Kategori 4. Kedua badai itu memiliki kecepatan angin 241 km/jam.

“Badai Ian diperkirakan akan melemah setelah mendarat dan mematikan listrik ke lebih dari 1 juta pelanggan sejauh ini,” menurut NHC.

Awal pekan ini, pihak berwenang mengatakan kepada lebih dari 2,5 juta penduduk untuk mengungsi. Doug Coe dari Venesia adalah salah satu penduduk yang memilih untuk mengabaikan peringatan dan tetap tinggal. Saat dia berjalan melewati hujan pada Rabu pagi untuk melihat bagaimana rumah seorang teman melewati badai, Coe mengaku tidak pernah mengalami badai sebesar itu, tetapi dia tampak tidak terpengaruh oleh prospek badai yang melanda lingkungannya.

“Anda harus waspada karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan itu. Saya tetap waspada, tetapi berusaha untuk tidak khawatir,” ucap Coe.

Hotel-hotel di sepanjang Interstate Highway 75, yang membentang di sepanjang pantai barat Florida, penuh sesak dengan orang-orang yang mencari perlindungan. Wilayah ini dipenuhi dengan taman rumah mobil, yang telah ditinggalkan sebagian besar penduduk, berlindung di sekolah-sekolah lokal dan fasilitas lain yang diubah menjadi tempat penampungan darurat. Banyak fasilitas hidup yang dibantu di daerah itu sebagian besar juga dievakuasi.

Heartis Venice, sebuah rumah tinggal dengan bantuan di utara Venesia, adalah pengecualian. Dari 107 penghuninya, 98 memutuskan untuk tetap tinggal dan terus menerima perawatan dengan bantuan staf dan beberapa anggota keluarga, kata manajer umum Michelle Barger. Fasilitas, dibuka dua tahun lalu, dibangun untuk menahan badai Kategori 5.

Fasilitas itu menyediakan makanan dan air yang cukup untuk bertahan lebih dari tujuh hari, serta semua obat-obatan dan persediaan yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan, kata Barger.

“Komunitas kami terkunci. Kami aman dan kami siap untuk ini,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *