Dahsyatnya Topan Noru, Picu Banjir dan Pemadaman Listrik di Vietnam

Topan Noru menghantam Vietnam pada Rabu 28 September 2022. Kekuatan topan mematikan listrik terhadap lebih dari 500.000 rumah tangga dan menyebabkan banjir serta kerusakan properti di sepanjang wilayah tengah negara itu.

“Mata Topan Noru menghantam pantai antara Danang dan Quang Nam sekitar pukul 4.00 pagi waktu setempat Rabu, dengan hembusan sekuat 117 kilometer per jam,” menurut Pusat Peramalan Hidro-Meteorologi Nasional Vietnam, seperti dikutip AFP.

Di kota bersejarah Hoi An, beberapa jalan terendam banjir dan angin kencang menumbangkan pepohonan.

Situs web berita lokal VnExpress melaporkan bahwa setidaknya 550.000 rumah tangga kehilangan listrik, mengutip wakil direktur umum Perusahaan Listrik Pusat Grup Listrik Vietnam, Le Hoang Anh Dung. Tidak ada kematian yang dilaporkan, meskipun empat orang terluka di Provinsi Quang Tri. Tiga rumah runtuh dan lebih dari 150 atap hilang, dan lebih dari 500 pohon tumbang.

Pihak berwenang sebelumnya telah memperingatkan bahwa Noru akan menjadi topan terkuat yang melanda negara itu dalam dua dekade, membawa hujan lebat, angin, banjir bandang dan tanah longsor ke Danang dan setidaknya delapan provinsi tengah negara itu. Dua di antaranya, Gia Lai dan Kon Tum yang berada di sabuk penanaman kopi.

Topan ini juga mengancam akan menunda panen di produsen kopi terbesar kedua di dunia dan pemasok utama biji Robusta.

Binh Son Refining and Petrochemical JSC mengatakan kilang minyak Dung Quat, yang berada di jalur Noru, beroperasi pada 107 persen dari kapasitasnya melalui badai, meskipun untuk sementara menghentikan impor minyak mentah dan ekspor bahan bakar, menurut sebuah pernyataan di situs webnya.

Bandara Ten diminta untuk ditutup sementara jam malam diberlakukan di Da Nang dan setidaknya tiga daerah lainnya. Militer mengerahkan lebih dari 260.000 tentara dan 3.380 kendaraan untuk membantu penduduk setempat mempersiapkan kedatangan badai.

Topan, juga dikenal sebagai Karding, menghantam Filipina awal pekan ini, menutup sekolah, tempat kerja, dan bursa saham negara itu. Sedikitnya 10 orang tewas, sementara lebih dari 52.000 orang mengungsi, menurut otoritas nasional Rabu, sementara sehari sebelumnya, kerugian pertanian diperkirakan mencapai 1,29 miliar peso.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *