Jelang Indonesia vs Curacao: Garuda Oke Lawan Negara Karibia

Sebelum berhadapan dengan timnas Curacao dalam FIFA Match Day yang berlangsung 24 dan 27 September mendatang, Timnas Indonesia sudah pernah bertemu dengan lima negara asal Karibia.

Timnas Curacao merupakan salah satu negara yang berada di bawah Persatuan Sepak Bola Karibia (CFU), sebuah organisasi yang mewakili asosiasi sepak bola negara di daerah Karibia.

Terdapat 31 negara yang berada di bawah naungan CFU dan Curacao adalah negara keenam asal Karibia yang akan berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Negara dari zona Karibia yang pertama kali menghadapi Indonesia adalah Jamaika. Pertandingan terjadi pada 2007. Saat itu Indonesia tengah bersiap mengikuti Piala Asia. Skuad Garuda menang 2-1 atas Jamaika berkat brace Bambang Pamungkas.

Laga kedua Timnas Indonesia melawan negara dari Karibia adalah ketika bersua Kuba pada Maret 2014. Saat itu skuad yang dilatih Alfred Riedl kalah 0-1 dalam laga yang berlangsung di Spanyol.

Berselang kurang dari dua bulan kemudian, Timnas Indonesia U-23 juga punya kesempatan bertanding melawan negara dari Karibia lainnya yakni Republik Dominika. Skor akhir 1-1.

Lebih dari tiga tahun kemudian Timnas Indonesia bertemu dengan Puerto Rico. Menurunkan mayoritas pemain U-22, tim Merah Putih yang berada di bawah arahan Luis Milla bermain imbang tanpa gol.

Guyana menjadi negara terakhir asal Karibia yang dijajal Timnas Indonesia. Dalam pertandingan berlangsung pada akhir 2017 tersebut, Timnas Indonesia menang 2-1. Sempat tertinggal lebih dulu, Ilija Spasojevic menyarangkan dua gol kemenangan Timnas Indonesia.

Dua gol Spasojevic ke gawang Guyana juga merupakan gol debut pemain naturalisasi itu untuk Timnas Indonesia.

Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri yang dipanggil Shin Tae Yong dalam laga melawan Curacao merupakan dua pemain tersisa dari laga melawan Guyana. Saddil dan Egy berada di bangku cadangan pada lima tahun lalu. Saddil mendapat kesempatan bermain 30 menit, sementara Egy tidak diturunkan sama sekali oleh Milla.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *