Di HUT Ke-77 RI, Hubungan Indonesia-Mesir akan Terus Diperkuat

KBRI Kairo menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 RI secara hibrida pada Rabu, 17 Agustus 2022. Kegiatan dilakukan pukul 08.00 waktu setempat di lapangan hijau Wisma Duta, Garden City, Mesir.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Duta Besar Lutfi Rauf dan Pasukan Pengibar Bendera adalah siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC) yang berjumlah 10 orang.

Tema peringatan HUT ke-77 RI yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebit Kuat”. Tema ini mencerminkan semangat juang dan kebangkitan kembali setelah dua tahun dunia global dilanda pandemi covid-19.

Turut hadir secara tatap muka dalam upacara bendera ini adalah pegawai KBRI Kairo, Dharma Wanita Persatuan (DWP), PPMI, perwakilan organisasi mahasiswa lainnya, siswa dan guru Sekolah Indonesia Cairo (SIC) serta tamu undangan lainnya. Sementara warga negara Indonesia lainnya mengikuti upacara secara daring melalui media sosial, seperti kanal Youtube dan IG KBRI Kairo.

“Melalui peringatan HUT ke-77 RI ini, diharapkan semua warga negara Indonesia di Mesir dapat kembali mengenang para pahlawan yang telah berjuang, berkorban, dan berjasa untuk mencapai kemerdekaan Republik Indonesia,” demikian dikutip dari keterangan tertulis KBRI Kairo.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi WNI untuk meneruskan perjuangan mereka dalam berbagai bidang kehidupan,” lanjut mereka.

Peringatan HUT RI kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan. Di antaranya adalah lomba makan kerupuk, balap bakiak, balap kelereng, dan memasukkan pensil ke dalam botol.

Selain itu, dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, KBRI juga memperingati 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mesir. Bekerja sama dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa (PPMI) Mesir serta Egypt Youth Council (EYC), KBRI Kairo menyelenggarakan gotong royong untuk membersihkan sampah di daerah al-Darbu al-Ahmar Darrasah Mesir.

Sekitar 200 orang dari mahasiswa, siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC) dan staf KBRI turut serta dalam acara ini.

“Hari ini adalah momentum untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa serta melanjutkan kerja sama yang erat antara Indonesia dan Mesir yang secara historis mendukung kemerdekaan Indonesia,” tutur Dubes Lutfi.

Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia, yakni pada 22 Maret 1946. Dan pengakuan tersebut dikuatkan secara resmi melalui penandatanganan perjanjian persahabatan (treaty of friendship) antara Mesir dan Indonesia pada 10 Juni 1947.

Hubungan diplomatik antara kedua negara semakin meningkat dan menguat sampai sekarang, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain. Sementara itu, upacara bendera dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *