Kasus Harian Covid-19 Naik 6 Kali Lipat, Satgas Minta Warga Waspada

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mewanti-wanti masyarakat tetap waspada dengan penularan SARS-CoV-2. Kasus harian Covid-19 pada Rabu (13/7), tercatat naik enam kali lipat jika dibandingkan dengan kasus harian satu bulan lalu.

Kemarin, pemerintah mencatat ada penambahan 3.822 kasus positif Covid-19. Sementara pada 12 Juni, penambahan hanya 551 kasus positif.

“Angka ini meningkat 6 kali lipat jika dibandingkan tepat pada sebulan lalu, yaitu 12 Juni di mana kasus harian kita masih sebesar 551 kasus dalam satu hari,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Rabu (13/7).

Penambahan kasus harian di atas 3.000 kasus ini sudah terjadi selama dua hari berturut-turut.

Menurut Wiku, kenaikan kasus positif ini berimbas pada meningkatnya kasus aktif. Per 12 Juli 2022, kasus aktif menembus angka 20 ribu kasus.

Angka tersebut naik empat kali lipat dari bulan lalu yang tercatat sekitar 4 ribu kasus aktif.

Kondisi itu juga menyebabkan angka persentase kasus positif atau positivity rate mingguan pada pekan kedua Juli mencapai 5,12 persen. Jumlah tersebut telah melampaui ambang batas aman yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5 persen.

“Adanya kenaikan kasus positif dan kasus aktif ini perlu kita waspadai segera. Karena, artinya tingkat penularan di tengah masyarakat mulai meningkat,” ujar Wiku.

Wiku meminta warga tetap memakai masker baik di dalam maupun luar ruangan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Ia menyebut warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan tetap berpotensi tertular Covid-19 meski sudah mendapatkan vaksinasi hingga dosis ketiga.

“Nyatanya data dan fakta menunjukkan bahwa orang yang tidak menjalankan hal tersebut [patuh pada protokol kesehatan] dapat kembali tertular walaupun sudah divaksin booster,” katanya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Detikcom

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *