Rangkaian Pertemuan Jalur Keuangan G20 Dimulai Hari Ini

Presidensi G20 Indonesia akan kembali menggelar rangkaian kegiatan jalur keuangan (finance track). Secara garis besar ada tiga pertemuan yang akan dilaksanakan di Bali mulai, Senin 11 Juli 2022 sampai dengan 17 Juli 2022.

Ketiga rangkaian kegiatan, yaitu 3rd Finance and Central Bank Deputies Meeting (FCBD), 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG), serta berbagai side event.

Pertemuan ini akan membahas lebih dalam mengenai enam agenda prioritas di jalur keuangan, yaitu Exit Strategy to Support Recovery, Addressing Scarring Effect to Secure Future Growth, Payment System in Digital Era, Sustainable Finance, Digital Financial Inclusion, dan International Taxation.

Pertemuan ketiga FMCBG dan FCBD di bawah Presidensi Indonesia G20 adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengumpulkan pemangku kepentingan global di seluruh pemerintah, industri, akademisi, usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan masyarakat sipil lainnya.

Ajang ini dari debat pembuat kebijakan ekonomi makro terkemuka yang memutuskan respons kebijakan fiskal dan moneter hingga pameran produk UMKM yang mendorong penciptaan lapangan kerja dan inovasi lokal. Pertemuan seminggu penuh ini akan menghadirkan rancangan yang kuat menuju prioritas utama Presidensi Indonesia G20 untuk Memulihkan Bersama-sama, Pulihkan Lebih Kuat.

Sementara acara side event ini terdiri dari empat tema unggulan, yang difokuskan untuk menstimulasi wawasan, dialog, dan kolaborasi untuk membuka jalan bagi multilateralisme yang lebih kuat dan tindakan nyata menuju pembahasan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20.

Selain itu, berbagai tema juga akan menjadi pembahasan utama dalam rangkaian pertemuan FMCBG Meeting G20 pekan depan yaitu normalisasi kebijakan, ekonomi dan keuangan digital, ekonomi hijau, inklusi keuangan, dan ekonomi syariah, serta perpajakan internasional.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *