Serba-serbi Konser 30 Tahun Dewa 19

Grup band Dewa 19 bersiap menjalani Anniversary Tour 30 Years of Dewa 19.

Sesuai namanya, tur tersebut untuk merayakan 30 tahun Dewa 19 berkiprah di belantika musik Indonesia.

Dewa 19, yang digawangi Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, dan Yuke Sampurna, akan singgah 30 kota di Indonesia untuk tur tersebut.

Untuk tur tersebut Dewa 19 mengajak Marcello Tahitoe atau Ello serta Virzha. Diketahui Ello baru-baru ini diumumkan sebagai vokalis grup dari Dewa 19.

Sejauh ini Dewa 19 baru mengumumkan lima kota pertama, yakni Surabaya (27 Mei 2022), Medan (11 Juni 2022), Palembang (18 Juni 2022), Samarinda (25 Juni 2022), Makassar (6 Juli 2022).

Ahmad Dhani membeberkan alasan menggaet Ello dan Virzha menjadi vokalis Dewa 19 untuk tur di 30 kota di Indonesia.

“Kalau tanya perekrutan ya Dewa memang sedang membutuhkan vokal-vokal,” kata Ahmad Dhani dalam jumpa pers di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

Banyak penggemar yang meminta Ello dan Virzha dilibatkan sebagai vokalis Dewa 19.

“Dan kebetulan memang dulu belum ada kanal YouTube dan sekarang ada. Segala sesuatu yang dimau fans ya kami langsung tahu dari komen itu, termasuk perekrutan Virzha dan Ello di tur (konser 30 tahun), ini permintaan dari fans di YouTube,” tambah Dhani.

Selain itu, Dhani mengatakan bahwa Ello dan Virzha bisa mewakili suara dari dua vokalis Dewa 19 sebelumnya yakni Once dan Ari Lasso.

“Sekarang kami mengusung dua penyanyi, ada Virzha sebagai spesialis Once dan Ello itu spesialis dari Ari Lasso,” tutur Ahmad Dhani.

Lebih lanjut, Dhani juga menyebut bahwa Ello dan Virzha memiliki kemiripan vokal dari Ari Lasso dan Once Mekel.

“Enggak tahu ya sepertinya suara Virzha mirip Once. Kalau suara Ello kalau kita merem kayak Ari Lasso,” ucap Ahmad Dhani.

Melihat dari formasi grup band Dewa 19 kali ini, Dhani mengatakan bahwa usia dari para personel merupakan lintas generasi.

Apalagi dilihat dari tahun kelahiran dari masing-masing personel Dewa 19.

“Ini band yang lintas generasi sebenarnya. Saya kelahiran 1972, Ello tahun 1983, Virzha kelahiran 1990. Bedanya penggemarnya nanti banyak ada Ello atau Virzha,” ungkap Dhani.

Ello dan Virzha juga menyebut salah satu lagu Dewa 19 yang menurut mereka sulit untuk dinyanyikan.

Rupanya Ello dan Virzha kompak menyebut lagu “Kirana” yang dipopulerkan oleh Ari Lasso pada 1997. Lagu tersebut ada dalam album Pandawa Lima.

Adapun alasan Ello dan Virzha cukup kesulitan menyanyikan lagi itu.

“Saya lagu ‘Kirana’, liriknya susah. Biasanya kan verse, chorus, verse, chorus, bridge, ini enggak ada. Harus tahu banget bagiannya di mana, tapi lagunya bagus,” ungkap Ello.

“Susah banget, karena memang ya itu tadi, part-nya enggak biasa. Tiba-tiba juga ada overtone di tengah. Ya bagi vokalis, aku pribadi susah,” timpal Virzha.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Tribun

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *