Resmi, Ronald Koeman Gantikan Louis van Gaal di Timnas Belanda Usai Piala Dunia 2022

Ronald Koeman secara resmi diumumkan bakal menggantikan posisi Louis van Gaal sebagai juru racik timnas Belanda selepas perhelatan Piala Dunia 2022.

Kepastian tersebut diketahui melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) pada Rabu (6/4/2022).

“Setelah Piala Dunia mendatang, Ronald Koeman akan mengambil alih posisi Louis van Gaal sebagai pelatih di tim nasional,” demikian pernyataan resmi KNVB, dilansir dari Sky Sports.

“Kontrak (Ronald Koeman) sebagai pelatih akan berlangsung hingga Piala Dunia 2026 dan sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak,” lanjut pernyataan tersebut.

Ronaldo Koeman saat ini memang belum mendapatkan pekerjaan baru selepas masa tugasnya di Barcelona berakhir dengan pemecatan.

Tentunya, Ronald Koeman merasa bangga dengan datangnya tawaran yang diberikan oleh timnas Belanda kepadanya.

Sebab, ini bakal menjadi periode kedua Ronald Koeman memimpin timnas Belanda.

Sebelumnya, dia melatih The Oranje pada musim 2017-2018 hingga 2020-2021.

Selama masa baktinya itu, Ronald Koeman sukses mengantarkan timnas Belanda menjadi runner-up di UEFA Nations League di musim 2018-2019.

“Saya menantikan kolaborasi baru. Lebih dari setengah tahun yang lalu, saya meninggalkan timnas Belanda bukan karena alasan ketidakpuasan,” tutur Koeman.

“Keberadaan saya di sana terasa bagus, hasil yang didapat bagus, dan chemistry dengan pemain timnas Belanda juga baik. Kami akan segera melanjutkan itu. Itu sangat jelas buat saya,” tambah dia.

Lebih lanjut, Ronald Koeman juga menuturkan bahwa tidak sabar untuk meraih kesuksesan bersama timnas Belanda saat masa aktifnya sebagai pelatih tiba.

“Bangga untuk mengabarkan bahwa saya akan menjadi manajer timnas Belanda lagi setelah World Cup. Saya sangat menantikannya, mari kita raih kesuksesan bersama,” ujar dia di Twitter.

Sementara itu, pelatih timnas Belanda saat ini, Louis van Gaal, mengungkapkan bahwa dirinya tengah berjuang melawan kanker prostat.

Louis van Gaal mengungkapkan demikian dalam sebuah program televisi Belanda, Humberto, pada Minggu (3/4/2022).

“Saya tidak menceritakannya kepada pemain saya karena itu bisa mempengaruhi penampilan mereka,” kata Van Gaal dilansir dari BBC.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *