Menhan Israel Telepon Presiden Palestina, Ucapkan Selamat Ramadan

Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, menelepon Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, untuk mengucapkan selamat memasuki Bulan Ramadan.

“Gantz mengucapkan harapan agar Abbas dan warga Palestina menikmati Bulan Ramadan yang penuh berkat,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Israel yang dikutip AFP, Selasa (5/4).

Pernyataan itu berlanjut, “Ramadan harus menjadi bulan perdamaian dan ketenangan, bukan masa yang penuh teror.”

Gantz juga menyatakan bahwa Israel siap mengambil langkah-langkah kemanusiaan selama dan setelah Ramadan. Meski demikian,Gantz tak menjabarkan lebih lanjut langkah kemanusiaan yang dimaksud.

Selain itu, Gantz juga menyampaikan apresiasi atas pernyataan Abbas mengenai serangan yang menewaskan lima orang di Bnei Brak dekat Tel Aviv, Israel, bulan lalu.

Dalam pernyataan itu, Abbas menegaskan bahwa pembunuhan semacam itu “Hanya akan memperburuk situasi, sementara kita semua butuh kestabilan.”

Pernyataan belasungkawa Abbas itu memang dianggap langka mengingat sejarah panjang konflik antara Israel dan Palestina.

Israel dan Palestina pun dianggap tengah berupaya untuk meredam ketegangan menjelang sejumlah acara keagamaan yang terjadi bersamaan, seperti Ramadan dan Paskah.

Tahun lalu, bentrokan pecah antara Israel dan Palestina selama Ramadan. Bentrokan itu memicu perang antara Israel dan penguasa Jalur Gaza, Hamas.

Kini, total 11 orang di Israel tewas akibat sejumlah serangan sejak 22 Maret, sebagian dilakukan oleh warga Palestina. Ada pula serangan yang dilancarkan orang-orang diduga terkait atau terinspirasi ISIS.

Di periode itu, delapan warga Palestina juga tewas, termasuk dua orang yang ditembak akibat menyerang pasukan Israel.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *