Fajar/Ria Juara Swiss Open 2022: Kenangan Indah Fajri di Kota Basel

Kota Basel kembali menghadirkan kenangan indah bagi ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Terkini, Fajar/Rian sukses menjadi juara turnamen Swiss Open 2022 di kota tersebut.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil memenangi nomor ganda putra Swiss Open 2022 usai mengalahkan wakil Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin.

Bertanding di St. Jakobshalle, Basel, pada Minggu (27/3/2022) malam WIB, Fajar/Rian sukses menekuk Goh/Izzuddin dua gim langsung dengan skor 21-18 dan 21-19.

Tak hanya mengantar mereka ke podium juara, kemenangan atas Goh/Izzuddin pada final Swiss Open 2022 juga membangkitkan memori indah Fajar/Rian di kota Basel.

Bagi Fajri, sapaan akrab duet Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto, ini merupakan gelar Swiss Open kedua mereka.

Sebelumnya, duet Fajri telah merasakan gelar juara Swiss Open pada 2019.

Kala itu di tempat yang sama, Fajar/Rian menjadi juara usai menaklukkan ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-lin, pada laga final.

Di tempat yang sama pula, Fajar/Rian juga pernah merasakan medali perunggu Kejuaraan Dunia BWF 2019.

“Alhamdulillah, bersyukur dan bangga akhirnya bisa juara lagi,” kata Rian Ardianto usai laga final Swiss Open 2022, dalam siaran pers PBSI yang diterima Kompas.com.

Sebelum berduel pada final Swiss Open 2022, Fajar/Rian punya rekor 3-1 atas wakil Goh/Izzuddin.

Akan tetapi, pada pertemuan terakhir di Denmark Open tahun lalu, Goh/Izzuddin mampu mengalahkan Fajri.

“Kami belajar dari pertandingan terakhir melawan mereka dan pelatih juga memberi gambaran karena sebelumnya lawan dua kali mengalahkan rekan kami,” tutur Rian.

“Jadi, kami sudah ada gambaran pola apa yang harus diterapkan. Kuncinya bermain tenang dan fokus,” kata atlet berusia 26 tahun tersebut.

Keberhasilan menjadi juara Swiss Open 2022 semakin terasa spesial bagi Fajar/Rian lantaran mereka bisa mengakhiri puasa gelar yang sudah berlangsung sejak 2019.

Sebelum berjaya di Basel tahun ini, kali terakhir duet Fajri meraih gelar juara adalah pada ajang Korea Open 2019.

Namun, Fajar/Rian tak mau larut dalam euforia berlebih usai menjadi jawara Swiss Open 2022.

Kini, mereka ingin terus menjaga fokus menghadapi turnamen-turnamen berikutnya.

“Yang pasti tidak mau berpikir jauh, fokus step by step saja. Setelah juara di sini pun statusnya bukan juara lagi. Jadi, harus tetap kerja keras,” kata Rian yang sudah berpasangan dengan Fajar Alfian sejak 2014.

“Intinya kami selalu bersyukur, apa pun keadaannya. Jika lagi di bawah, kami harus tahu bagaimana caranya untuk bangkit. Semoga di turnamen berikutnya bisa jauh lebih baik,” ujar Fajar menimpali pernyataan rekan gandanya itu.

Adapun, gelar juara Swiss Open 2022 merupakan gelar turnamen kategori BWF World Tour kelima bagi Fajar/Rian.

Sebelumnya, mereka sukses menjadi juara pada Malaysia Masters 2018, Syed Modi International 2018, Swiss Open 2019, dan Korea Open 2019.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : SiapGrak!com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *