Rupiah Terbang ke Rp14.393 Usai Pemerintah Bebaskan Syarat PCR

Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp14.393,5 per dolar AS di perdagangan pasar spot pada Selasa (8/3) pagi. Mata uang Garuda naik 21 poin atau 0,15 persen dari perdagangan sebelumnya, yakni Rp14.414,5 per dolar AS.

Sementara, mayoritas mata uang di Asia terpantau merah pagi ini. Tercatat, dolar Singapura minus 0,01 persen, won Korea Selatan minus 0,4 persen, ringgit Malaysia minus 0,07 persen, yen Jepang minus 0,11 persen, dan baht Thailand minus 0,07 persen.

Lalu, peso Filipina naik 0,17 persen, dolar Hong Kong stagnan, dan yuan China menguat 0,12 persen.

Di sisi lain, mayoritas mata uang di negara maju menguat pagi ini. Terpantau, poundsterling Inggris naik 0,1 persen, dan euro Eropa bertambah 0,08 persen, dolar Kanada naik 0,07 persen, dan dolar Australia menguat 0,3 persen. Sedangkan franc Swiss minus 0,05 persen.

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra memprediksi nilai tukar rupiah bakal keok hari ini karena sentimen negatif pasar terhadap aset berisiko pagi ini. Salah satunya, invasi Rusia ke Ukraina masih belum usai.

Ia menilai potensi pelemahan rupiah berada dalam kisaran Rp14.380 per dolar AS-Rp14.450 per dolar AS.

Ia menjelaskan bahwa pasar juga mewaspadai kenaikan inflasi yang tinggi karena naiknya harga komoditas akibat potensi gangguan pasokan dari Rusia dan Ukraina. Hal ini mendorong para pelaku pasar keluar dari aset berisiko dan masuk ke aset aman seperti dolar AS dan Emas.

“Kenaikan inflasi bisa menekan pertumbuhan ekonomi ke depan dan tentunya ini akan menekan pertumbuhan aset berisiko,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Di sisi lain, ia menilai sikap pemerintah membebaskan tes PCR dan antigen untuk mereka yang sudah divaksin mendukung penguatan rupiah.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : BeritaSatu.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *