Emas Berjangka Makin Diburu, Ada Apa?

Emas berjangka naik tajam hingga mencapai level tertinggi dalam tiga bulan pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa pagi WIB). Kekhawatiran akan konflik Rusia-Ukraina mengangkat daya tarik aset safe haven tersebut.

Mengutip Antara, Selasa, 15 Februari 2022, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di divisi Comex New York Exchange, melonjak USD27,3 atau 1,48 persen menjadi USD1.869,40 per ons.

“Kami mendapat pelarian ke emas saat ini karena pasar ekuitas dilanda aksi jual. Kami juga memiliki banyak data ekonomi besar yang keluar minggu ini, dan fokus utamanya adalah inflasi,” kata ahli strategi pasar senior Bob Haberkorn.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret naik 47,9 sen atau 2,05 persen, menjadi USD23,848 per ons. Platinum untuk pengiriman April naik USD9,3 atau 0,91 persen menjadi USD1.028 per ons.

Adapun indeks-indeks utama saham AS tergerus kekhawatiran atas suku bunga yang lebih tinggi setelah AS meyakini Rusia mungkin membuat dalih mengejutkan untuk serangan ke Ukraina.

Emas yang tidak memberikan imbal hasil dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang lebih tinggi. Pasar juga menunggu data inflasi AS dan risalah pertemuan The Fed.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Bisnis.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *