Pariwisata Bangkit, Ekonomi Thailand Diprediksi Tumbuh 4,5% di 2022

Menteri Keuangan Thailand Arkhom Termpittayapaisith memperkirakan ekonomi Thailand tumbuh antara 3,5-4,5 persen di tahun depan. Kondisi itu berkat peningkatan ekspor dan pemulihan di sektor pariwisata yang merupakan mesin vital negara itu usai mengalami kemerosotan akibat pandemi covid-19.

Negara Asia Tenggara awal bulan ini dibuka kembali untuk pengunjung asing yang sudah divaksinasi covid-19 tanpa persyaratan karantina. Hal itu dalam upaya untuk menghidupkan kembali industri yang biasanya menyumbang sekitar 12 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Arkhom Termpittayapaisith dalam sebuah seminar bisnis menjelaskan pertumbuhan ekonomi di tahun ini diperkirakan 1,0 persen hingga 1,2 persen dan kebijakan moneter harus mendukung kebijakan fiskal dalam membantu pemulihan ekonomi yang masih sangat rapuh. Ekonomi berkontraksi 6,1 persen pada tahun lalu.

“Pada masa krisis, kebijakan fiskal harus memainkan peran kunci dan kebijakan moneter harus membantunya untuk dapat membelanjakan. Hari ini, kedua kebijakan itu masih berjalan bersama,” katanya, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 22 November 2021.

Pengeluaran utama pemerintah adalah untuk bantuan medis, ekonomi, dan langkah-langkah stimulus. Arkhom menambahkan posisi fiskal terbilang kuat dengan rasio utang terhadap PDB publik diperkirakan sebesar 62 persen pada akhir tahun fiskal hingga September.

Bank sentral

Bank sentral Thailand telah mempertahankan suku bunga utamanya pada rekor terendah di angka 0,50 persen sejak Mei 2020 untuk membantu perekonomian. Meskipun harga minyak tinggi, inflasi Thailand hanya sekitar satu persen dalam 10 bulan pertama tahun ini, tertahan oleh subsidi negara.

“Pada 2022, inflasi diperkirakan 0,7 persen hingga 1,2 persen,” kata Menteri Perdagangan Thailand Jurin Lasanawisit.

Jurin mengatakan ekspor bisa naik 15 persen menjadi 16 persen di tahun ini. Arkhom menambahkan turis asing mulai kembali datang setelah pembukaan kembali. Badan perencanaan negara memperkirakan 200.000 turis asing tahun ini, dan memperkirakan lima juta pengunjung tahun depan. Sebagai pembanding, ada 40 juta turis asing pada 2019.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *