Djokovic Pastikan Juara Grup, Ruud Raih Kemenangan Perdana

Novak Djokovic memastikan diri lolos ke semifinal dengan status juara grup Hijau. Sementara Casper Ruud, akhirnya mengemas kemenangan pertamanya di WTA Finals 2021.

Bertanding lebih dulu, Djokovic mampu mengatasi perlawanan unggulan kelima turnamen, Andrey Rublev lewat pertarungan berdurasi 68 menit dengan skor 6-3 dan 6-2 di Pala Alpitour, Turin, Italia, Rabu (17/11) malam WIB.

Kemenangan ke-50 pada tahun ini tersebut membuat petenis nomor satu dunia itu dipastikan melangkah ke semifinal WTA Finals 2021. Sebab, Djokovic sebelumnya telah mengantongi satu kemenangan, yakni melawan Casper Ruud.

Walaupun menang dua set langsung, Djokovic mengakui bahwa pertandingan melawan Rublev tidaklah mudah, khususnya di set pertama. Beruntung, pemilik 20 gelar grand slam itu mampu memenangi set pertama sebelum akhirnya menghempaskan sang lawan di set berikutnya.

“Saya tahu bahwa saya harus waspada dan memulai dengan baik,” kata Djokovic usai pertandingan, seperti dikutip dari laman resmi ATP, Kamis (18/11).

“Memenangkan set pertama saya memberikan tekanan tambahan padanya, dan saya mulai bermain lebih konsisten dari belakang lapangan. Saya melakukan servis dengan baik [dan] itu sangat membantu. Saya ingin mengeluarkan Rublev dari zona nyamannya, membuang waktu dan mencampuradukkan kecepatan. Itu adalah penampilan yang luar biasa secara keseluruhan,” sambungnya.

Selain Djokovic vs Rublev, grup Hijau juga menyajikan pertandingan antara Casper Ruud melawan Cameron Norrie, petenis Inggris yang menggantikan unggulan keempat turnamen, Stefanos Tsitsipas yang memutuskan mundur karena cedera siku.

Pada laga yang berlangsung Kamis (18/11) dini hari itu, duel Ruud vs Norrie berlangsung sengit. Namun, petenis Norwegia akhirnya berhasil memenangkan pertandingan berdurasi satu jam 51 menit itu dengan tiga set 1-6, 6 -3, dan 6-4.

Ruud yang merupakan pemain Norwegia pertama yang berkompetisi dalam sejarah turnamen ATP Finals sejak 1970, berhasil tampil apik dengan melepaskan 10 servis ace dan 32 winners.

“Set pertama berjalan terlalu cepat. Saya pikir saya memulai dengan cukup baik, dan kemudian saya hanya memiliki beberapa poin permainan yang saya buang,” kata Ruud dalam wawancara di lapangan.

“Cameron adalah pemain baseline yang hebat, dia membuat Anda memainkan banyak pukulan dan dia memiliki backhand datar yang rumit, di sini, di lapangan ini, adalah tembakan yang sangat efektif,” terangnya.

Dengan hasil ini, satu tempat semifinal dari grup Hijau masih tersisa. Pertandingan terakhir grup akan sangat menentukan di mana mempertemukan antara Norrie vs Djokovic dan Ruud vs Rublev.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *