Antisipasi Lockdown Terbaru, Pemerintah Tiongkok Minta Warga Timbun Persediaan

Pemerintah Tiongkok mendesak warganya untuk menimbun persediaan penting jika terjadi keadaan darurat. Kementerian Perdagangan tidak memberikan alasan mereka mengeluarkan pemberitahuan tersebut.

Namun, imbauan itu datang di tengah penguncian covid-19 yang kembali dilakukan di negara itu. Selain itu, hujan lebat yang terus mengguyur Negeri Tirai Bambu juga mengkhawatirkan para petani.

Kementerian juga meminta pemerintah setempat untuk menjaga rantai pasokan berjalan lancar dan harga stabil. Media pemerintah juga berusaha meredakan kekhawatiran di tengah laporan panic buying.

“Begitu berita ini keluar, semua orang tua di dekat saya menjadi ‘gila’ dan panik membeli di supermarket,” kata seorang pengguna situs di media sosial Tiongkok, Weibo, dilansir dari BBC, Rabu, 3 November 2021.

The Economic Daily mendesak agar pembacanya tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Mereka menambahkan, saran pemerintah ditujukan untuk memastikan para warga siap jika penguncian diumumkan di daerah mereka.

Sementara itu, surat kabar People’s Daily mengatakan, pemberitahuan tersebut bukan hal yang aneh. Namun, masyarakat menjadi panik karena kenaikan harga sayur dan kasus covid-19 yang meningkat.

Harga makanan di pasar tradisional Tiongkok meningkat jelang musim dingin. Namun, harga sayuran menjadi lebih mahal beberapa pekan terakhir karena cuaca ekstrem.

Tiongkok terus menggunakan metode penguncian ketat untuk mengatasi covid-19. Mereka berharap untuk mencapai nol infeksi sebelum menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin, yang dimulai pada Februari tahun depan.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *