WHO Beri Izin Penggunaan Darurat untuk Vaksin Covaxin dari India

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengizinkan penggunaan darurat untuk vaksin buatan India, Covaxin. Menurut WHO, Vaksin Covaxin memenuhi standar terkait perlindungan terhadap covid-19.

“Kelompok penasihat teknis yang terdiri dari WHO dan pakar regulasi dari berbagai belahan dunia, memutuskan bahwa Vaksin Covaxin telah memenuhi standar WHO terkait perlindungan terhadap covid-19, dan keuntungan dari vaksin ini lebih besar daripada risikonya, dan vaksin ini bisa digunakan,” kata WHO dilansir dari Sputnik, Rabu, 3 November 2021.

Kelompok penasihat WHO sebelumnya dikabarkan akan memberikan keputusan penggunaan Vaksin Covaxin pekan lalu. Namun, mereka masih meminta klarifikasi tambahan dari produsen Vaksin Covaxin, Bharat Biotech.

Kelompok Penasihat WHO yang ahli dalam bidang imunisasi merekomendasikan vaksin ini diberikan hingga dua dosis dengan jarak penggunaan empat minggu. Mereka juga merekomendasikan penggunaan Vaksin Covaxin untuk orang berumur 18 tahun ke atas.

Izin penggunaan darurat ini membuat Bharat boleh mengirimkan Covaxin ke negara-negara yang menggunakan vaksin rujukan WHO. Dengan diizinkannya penggunaan darurat Covaxin, maka sudah tujuh vaksin covid-19 yang diberi izin oleh WHO. Keenam vaksin lainnya ialah Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Johnson&Johnson, Sinovac, dan Sinopharm.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Info Anggaran

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *