Kasus Covid-19 di Kalangan Remaja Korsel Naik Jelang Sekolah Dibuka

Korea Selatan (Korsel) mengatakan pada Rabu 3 November 2021 bahwa pihaknya akan meningkatkan pengujian covid-19 di sekolah-sekolah. Ini dilakukan setelah peningkatan tajam infeksi covid-19 di kalangan anak-anak, beberapa minggu sebelum rencana untuk membuka kembali sekolah secara nasional.

Lonjakan itu terjadi ketika aturan jarak sosial baru yang bertujuan untuk kembali normal secara bertahap mulai berlaku pada Senin. Aturan ditetapkan sebagai bagian dari rencana Negeri Gingseng untuk secara bertahap bergerak menuju hidup berdampingan dengan covid-19, di belakang tingkat vaksinasi yang tinggi.

Korea Selatan telah sepenuhnya memvaksinasi hampir 90 persen dari populasi orang dewasa, tetapi hanya mulai menginokulasi anak-anak berusia antara 12 dan 17 dalam beberapa pekan terakhir. Sejauh ini hanya memberikan 0,6 persen dari kelompok usia dengan kedua dosis vaksin covid-19 tersebut.

“Ada kekhawatiran yang berkembang karena frekuensi wabah klaster baru telah meningkat, berpusat pada fasilitas pendidikan seperti pusat bimbingan belajar swasta dan sekolah,” kata Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Jeon Hae-cheol, seperti dikutip AFP, Rabu 3 November 2021.

Pemerintah akan memperluas penggunaan tes diagnostik reaksi rantai polimerase portabel (PCR) untuk covid-19 di sekolah-sekolah di Seoul dan wilayah sekitarnya. Mereka juga memobilisasi lebih banyak personel pencegahan virus di sekolah-sekolah yang penuh sesak.

Korea Selatan berencana untuk membuka kembali sekolah secara nasional mulai 22 November.

Negara itu melaporkan 2.667 kasus baru untuk Selasa, meningkat lebih dari 1.000 dari hari sebelumnya. Hampir seperempat dari kasus baru ditemukan pada remaja.

“Para remaja menghabiskan banyak waktu dalam kehidupan komunal seperti sekolah dan pusat bimbingan belajar dan mereka juga aktif dalam kegiatan sosial,” sebut Son Young-rae, seorang pejabat senior kementerian kesehatan, mengatakan pada sebuah pengarahan.

“Kami percaya bahwa risiko infeksi pasti akan meningkat dan kasus yang dikonfirmasi akan terus melonjak yang berasal dari para remaja ini,” imbuhnya.

Korea Selatan belum melihat peningkatan nyata dalam kasus sakit parah di kalangan remaja, dengan hanya satu dari 378 pasien covid-19 parah yang dirawat di rumah sakit. Korea Selatan juga melaporkan tingkat kematian yang relatif rendah yaitu 0,78 persen.

Adapun vaksinasi untuk kelompok usia 12 hingga 17 tahun dimulai pada Oktober dengan menggunakan suntikan Pfizer-BioNTech.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *